Home / Daerah / Pilkada

Kamis, 6 April 2023 - 18:17 WIB

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Incar Kursi Panas Kaltara, Bagaimana Nasib Zainal Paliwang?

Anggota DPR RI F-Gerindra La Tinro La Tunrung yang mengincar kursi Gubernur Kaltara pada Pilkada 2024. FOTO: Doc

Anggota DPR RI F-Gerindra La Tinro La Tunrung yang mengincar kursi Gubernur Kaltara pada Pilkada 2024. FOTO: Doc

Makassar (BERANDATIMUR) – Mantan Bupati Enrekang, Sulsel periode 2003-2013, La Tinro La Tunrung mengincar kursi panas Gubernur Provinsi Kalimantan Utara pada Pilkada Serentak 2024.

La Tinro La Tunrung kini duduk di Senayan selaku anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra ini, satu partai dengan Gubernur Kaltara saat ini Zainal A Paliwang.

Jika benar, La Tinro membidik kursi Gubernur Kaltara pada Pilkada 2024, bagaimana nasib Zainal A Paliwang. Sebab tidak mungkin satu partai politik dipakai dua calon gubernur.

Sementara La Tinro mengaku mendapat dorongan dari Partai Gerindra untuk maju bertarung di Pilgub Kaltara. Dorongan itu datang sejak Pilgub Kaltara 2020 lalu, terang dia dikutip dari Tribun Makassar pada Kamis, 6 April 2023.

Ia mengatakan siap maju mencalonkan diri sebagai Gubernur Kaltara pada Pilkada 2024 apabila ditugaskan partainya

“Insya Allah, saya siap maju mencalonkan diri calon Gubernur Kaltara 2024 kalau ditugaskan partai,” kata dia.

Sebab lanjut dia, dorongan untuk bertarung di Pilkada Kaltara sejal 2020. Namun ditolak dengan alasan tidak mau mengingkari janji pada konstituennya yang memilihnya pada Pemilu 2019.

“Sejak Pilkada 2020, Gerindra sejatinya ingin menugaskan saya maju calon Gubernur Kaltara. Tapi saya menolak karena ingin fokus menyelesaikan tugas di DPR RI,” ujar La Tinro pada Rabu, 5 April 2023.

Pada Pemilu 2019, La Tinro memperoleh 51.187 suara dari daerah pemilihannya di Sulsel sehingga berhasil melenggang ke Senayan.

Oleh karena itu, dia memastikan, tidak ada lagi pertimbangan lain untuk menolak jika ditugaskan Partai Gerindra ikut bertarung pada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara 2024.

La Tinro mengungkapkan dorongan untuk maju pada Pilgub Kaltara sampai sekarang masih kencang.

Jangan Lewatkan  Ajak Pembudidaya Rumput Laut Gantung Tali, Demi Dongkrak Harga

Ia menceritakan sebelum Pilgub Kaltara 2020 banyak baliho bergambar dirinya yang terpasang di daerah ini tanpa sepengetahuannya.

“Masyarakat dan beberapa keluarga waktu itu mendorong saya mencalonkan diri di Pilgub Kaltara. Mereka bilang survei saya bagus. Tapi saya berpikir, baru-baru selesai perjuangan di pemilu, masa maju lagi Pilgub Kaltara, bagaimana mempertanggungjawabkan 51.187 warga Sulsel yang memilih saya ke DPR RI,” sebut La Tinro.

“Waktu itu banyak parpol di sana langsung pasang baliho bergambar foto saya. Itu bukan saya yang usulkan, tetapi mereka yang bikin sendiri dan pasang foto saya,” ujar La Tinro.

Menurut dia, Provinsi Kalimantan Utara punya potensi yang bagus pada sektor perikanan dan kelautan khususnya rumput laut.

Ia pun menyatakan telah menyiapkan sejumlah gagasan dan program untuk Kaltara jika memenangkan PIlgub Kaltara 2024 mendatang.

“Kaltara itu kan berbasis sungai dan laut yang bebas, saya kagum dengan itu. Potensi yang kedua adalah tambang juga belum ada,” katanya.

“Dan yang paling berpotensi untuk dikelola adalah hasil-hasil laut, misalnya udang, mereka juga punya rumput laut,” ujar La Tinro.(*)

Editor: M Rusman

Share :

Baca Juga

Daerah

SMSI Hadir di Perbatasan, Anto Leo Terpilih Jadi Ketua

Daerah

Brakkkk…Kecelakaan Tunggal di Simpang Kadir Selisun, Pria Tewas di Tempat
Korban Tewas di RUmah Kos

Daerah

“Gadis” Cantik Ditemukan Tewas di Rumah Kos
Mobil Sitaan Bea Cukai Nunukan

Daerah

FLASH8 – 2 Mobil Sitaan Asal Malaysia Siap Dimusnahkan

Daerah

Perbakin Nunukan Sukses Gelar Lomba Menembak se Kaltimtara

Daerah

Santri Korban Penganiayaan Laporkan Pengasuhnya ke Polres Polman
Pemusnahan Barang Sitaan

Daerah

Bea Cukai Nunukan Musnahkan Barang Sitaan Senilai Rp1,8 M

Daerah

Legislator Pertanyakan Akurasi Hasil Kajian BPBD Nunukan Terkait Penyebab Banjir di Wilayah Krayan