Kotak suara pemilu 2019 yang ditumpuk di KPU Nunukan, Kamis (25/4).

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Sebanyak 15 panitia pemilihan kecamatan (PPK) telah merampungkan penghitumg suara pemilihan presiden-wakil presiden dan calon anggota legislatif pemilu 2019.

Tiga kecamatan yakni Sebuku, Lumbis Ogong dan Tulin Onsoi masih menunggu pemungutan suara ulang serta Nunukan diperkirakan rampung Jumat (26/4).

“Sampai detik ini, sudah 14 kecamatan yang telah merampungkan penghitungan suara pilpres dan pileg di Kabupaten Nunukan,” jelas Ketua KPU Nunukan, Rahman melalui Divisi Teknis, Kaharuddin di Nunukan, Kamis.

Ke-14 kecamatan yang telah merampungkan penghitungan suara adalah, Nunukan Selatan, Sebatik, Sebatik Utara, Sebatik Barat, Sebatik Timur, Seimenggaris, Sembakung, Sembakung Atulai dan Lumbis.

Selanjutnya, Kecamatan Krayan, Krayan Selatan, Krayan Barat, Krayan Timur dan Krayan Tengah dan Sebatik Tengah diperkirakan merampungkan penghitungan suara pada malam harinya.

Baca Juga:  Cak Imin-Yenny Wahid saling serang di medsos, Yenny Wahid: Bisanya ambil partai orang

Kaharuddin beralasan, keempat kecamatan yang belum merampungkan penghitungan suara pada tingkat PPK tersebut disebabkan tiga kecamatan menunggu hasil pemungutan suara ulang (PSU) yakni Tulin Onsoi, Sebuku dan Lumbis Ogong.

Sedangkan Kecamatan Nunukan sendiri, kata dia, jumlah pemilihnya terbanyak di Kabupaten Nunukan mencapai 40.000 lebih tapi diperkirakan rampung pada Jumat (26/4).

“Jadi empat kecamatan ini yaitu Nunukan, Sebuku, Tulin Onsoi dan Lumbis Ogong belum merampungkan penghitungan suaranya sampai hari ini,” jelas dia.

Mengenai adanya tempat pemungutan suara (TPS) yang direkomendasikan penghitungan ulang, Kaharuddin mengakui, hampir semua kecamatan ada penghitungan ulang akibat tidak sinkron data perolehan suara pada form C1 yang dipegang saksi dengan C1 plano.

Baca Juga:  Pulang Bimtek Dari Jakarta, Anggota DPRD Nunukan Berstatus ODP? Ini Tanggapan Ketua DPRD Nunukan

“Penghitungan ulang itu hampir pada semua kecamatan akibat selisih perolehan suara form C1 yang dimiliki saksi dengan C1 planonya yang meragukan juga,” ujar dia.

Batas waktu penghitungan suara pemilu kali ini adalah 4 Mei 2019.

Kabupaten Nunukan memiliki 19 kecamatan dengan jumlah pemilih sebanyak 132.739 jiwa terdiri laki-laki 70.618 jiwa, perempuan 62.121 jiwa. Ditambah daftar pemilih khusus (DPK) yakni 755 orang yang tersebar pada semua kecamatan.

DPK di Kecamatan Nunukan sebanyak 224 orang, Nunukan selatan (59), Seimenggaris (84), Sebatik Barat (32), Sebatik Tengah (27), Sebatim Timur (55), Sebatik Utara (24).

Baca Juga:  Dinilai tegas dan bijak, ratusan anak muda di Sulsel deklarasi dukung Ganjar jadi capres

Lalu, di Kecamatan Sebatik (18), Sebuku (40), Sembakung (28), Lumbis (34), Tulin onsoi (33), Sembakung Atulai (11), Lumbis ogong (49), Krayan Barat (25), Krayan selatan (13), Krayan Tengah (11),
Krayan timur (17), Krayan (26).

Sedangkan daftar pemilih tambahan kedua 2.146 orang terdiri 1.625 laki-laki dan 521 perempuan. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here