Nunukan (berandatimur.com) – Sebanyak 16 calon Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara mengikuti “assesment” di Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) I Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung, Jawa Barat.

Assesment bagi ke-16 calon yang telah lolos seleksi administrasi ini, akan menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Madya yang lowong karena ditinggalkan Badrun untuk ikut Pilkada Walikota-Wakil Walikota Tarakan baru-baru.

Pada pembukaan “assesment” tersebut, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie turut hadir memantau yang dimulai 11 Juli 2018 hingga 12 Juli 2018.

Sesuai keterangan tertulisnya, Irianto Lambrie, Rabu (12/7) mengatakan, pelaksanaan tahapan seleksi calon sekprov ini untuk memetakan kompetensi manajerial yang dimiliki.

Baca Juga:  Polres Nunukan Musnahkan 8,769 Kg Sabu-sabu dan Ribuan Kaleng/Botol Miras. Semuanya Selundupan dari Malaysia

Hal ini dilakukan berdasarkan Peraturan Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2013. “Pelaksanaan assesment ini oleh delapan assesor,” sebut Irianto Lambrie.

Ia mengaku, sengaja hadir langsung memantau pelaksanaan tahapan seleksi tersebut dengan tujuan melihat para calon yang dianggap mampu bekerja sama dengan dirinya nanti.

Meskipun diakuinya, telah mengetahui semua kemampuan dimiliki para calon, sikap dan prilaku dan apa yang dikerjakan selama ini.

Namun jabatan sekprov ini tertinggo di lingkungan ASN provinsi maka perlu dilakukan “assesment” sesuai amanat undang-undang.

“Saya tidak akan menuntut hal yang terlampau ideal, yang penting tuntutan sikap dan layak bekerja sama. Setia dan jangan lupa bahwa ada pejabat yang mengangkatnya,” harap dia.

Baca Juga:  Belasan santriwati pesantren di Bandung melahirkan, diperkosa guru agama sendiri

Pada “assesment” ini untuk memganalisa dan melihat aspek kepemimpinan (leadership), attitude, psikotest dan lainnya.

Akhirnya nanti diajukan tiga nama lalu ditetapkan satu orang untuk dilantik menjadi Sekprov Kalimantan Utara. “Bisa saja mengajukan satu nama apabila terjadi diskresi,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here