Home / Nasional

Jumat, 31 Maret 2023 - 00:12 WIB

Perihal Indonesia Dicoret Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, MUI Apresiasi Upaya Pemerintah

Jakarta (BERANDATIMUR) – FIFA telah resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, meskipun Pemerintah telah berupaya keras membujuk federasi sepak bola dunia tersebut.

Perihal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun angkat bicara dengan mengapresiasi upaya Pemerintah tersebut. Namun hasilnya tetap menyakitkan insan sepak bola nasional.

Dilansir dari CNN Indonesia pada Kamis, 30 Maret 2023 melalui Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI, Sudarnoto Abdul Hakim meminta masyarakat agar lapang dada menerima keputusan FIFA.

“Bagi kita, masyarakat dan bangsa Indonesia, memang pada akhirnya harus menerima keputusan FIFA ini,” kata Sudarnoto.

Ia berpandangan Kemenpora atas nama Pemerintah dan PSSI sudah berusaha maksimal melakukan pelbagai upaya agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah.

Bahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir menemui Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar membicarakan masalah ini.

Tak hanya itu, Sudarnoto mengatakan Plt Menpora Muhadjir Effendy juga sudah menjelaskan secara terbuka kepada masyarakat dan menemui MUI membahas persoalan ini beberapa waktu lalu.

MUI menilai langkah yang diambil pemerintah ini sudah benar dan sangat baik meskipun hasilnya di luar ekspektasi.

“Karena itu kami sampaikan apresiasi yang tinggi atas kesungguhan pemerintah. Banyak hal yang patut menjadi renungan mendalam dan hikmah yang bisa dipetik di balik semua ini,” kata dia.

“Yang pasti, persatuan dan kesatuan masyarakat dan bangsa Indonesia menjadi sangat berharga yang harus kita rawat baik-baik,” tambah Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI ini.

Ia menggarisbawahi permasalahan ini bersumber dari kehadiran rombongan timnas Israel dan warga negara itu ke Indonesia baik sebagai pemain dan official maupun suporter.

Timnas Israel dipastikan ikut Piala Dunia U-20 karena lolos kualifikasi.

Jangan Lewatkan  Ganjar Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20 di Indonesia, Alasannya Kita Ikut Amanat Soekarno

Sudarnoto berkeyakinan, kehadiran timnas Israel bertentangan dengan semangat konstitusi Indonesia. Bahkan dia mengaku pernah mengusulkan solusi agar timnas Israel bertanding di luar Indonesia.

“Karena itu, harapannya sebetulnya, yang diselesaikan adalah masalah intinya, yaitu mencari solusi bagi timnas Israel agar tetap bisa berlaga akan tetapi tidak di wilayah Indonesia. Saya pernah mengusulkan, main di Singapura. Dengan cara ini, diharapkan piala dunia tetap bisa diselenggarakan di Indonesia tanpa kontroversi dan kegaduhan,” kata dia.

MUI pernah mengatakan sebagian besar ormas-ormas Islam menolak kehadiran Israel bertanding di Piala Dunia U-20 jika digelar di Indonesia.

Namun fakta berkata lain, FIFA akhirnya secara resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ditulis dalam laman resmi FIFA pada Rabu, 29 Maret 2023.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia [PSSI] Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” ucap FIFA. (***)

Editor: M Rusman

Share :

Baca Juga

SMSI Tolak Perpres Publisher Right

Nasional

SMSI Tolak Rancangan Perpres Publisher Right
Kemana Anas Urbaningrum Berlabuh Setelah bebas? Benarkan di PKN?

Nasional

Kemana Anas Urbaningrum Berlabuh Setelah Bebas dari Penjara? Benarkah di PKN

Nasional

Puan-AHY Bertemu, Mungkinkah PDIP-Demokrat Koalisi?

Nasional

Ratusan Alumni HMI Siap Jemput Anas Urbaningrum di Lapas Sukamiskin

Nasional

Menteri Pertanian SYL Menghilang di Luar Negeri?

Nasional

KPK Usut Dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian, Seret Syahrul Yasin Limpo

Nasional

Siapa Sosok Cawapres Ganjar, Pengamat: PDIP Punya Insting “Berkoalisi’ dengan NU

Nasional

Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Teknis Dimulai 17 Maret 2023