Home / Nasional

Jumat, 31 Maret 2023 - 00:12 WIB

Perihal Indonesia Dicoret Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, MUI Apresiasi Upaya Pemerintah

Jakarta (BERANDATIMUR) – FIFA telah resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, meskipun Pemerintah telah berupaya keras membujuk federasi sepak bola dunia tersebut.

Perihal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun angkat bicara dengan mengapresiasi upaya Pemerintah tersebut. Namun hasilnya tetap menyakitkan insan sepak bola nasional.

Dilansir dari CNN Indonesia pada Kamis, 30 Maret 2023 melalui Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI, Sudarnoto Abdul Hakim meminta masyarakat agar lapang dada menerima keputusan FIFA.

“Bagi kita, masyarakat dan bangsa Indonesia, memang pada akhirnya harus menerima keputusan FIFA ini,” kata Sudarnoto.

Ia berpandangan Kemenpora atas nama Pemerintah dan PSSI sudah berusaha maksimal melakukan pelbagai upaya agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah.

Bahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir menemui Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar membicarakan masalah ini.

Tak hanya itu, Sudarnoto mengatakan Plt Menpora Muhadjir Effendy juga sudah menjelaskan secara terbuka kepada masyarakat dan menemui MUI membahas persoalan ini beberapa waktu lalu.

MUI menilai langkah yang diambil pemerintah ini sudah benar dan sangat baik meskipun hasilnya di luar ekspektasi.

“Karena itu kami sampaikan apresiasi yang tinggi atas kesungguhan pemerintah. Banyak hal yang patut menjadi renungan mendalam dan hikmah yang bisa dipetik di balik semua ini,” kata dia.

“Yang pasti, persatuan dan kesatuan masyarakat dan bangsa Indonesia menjadi sangat berharga yang harus kita rawat baik-baik,” tambah Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI ini.

Ia menggarisbawahi permasalahan ini bersumber dari kehadiran rombongan timnas Israel dan warga negara itu ke Indonesia baik sebagai pemain dan official maupun suporter.

Timnas Israel dipastikan ikut Piala Dunia U-20 karena lolos kualifikasi.

Jangan Lewatkan  Satu Menteri Mundur di Kabinet Jokowi, Kenapa?

Sudarnoto berkeyakinan, kehadiran timnas Israel bertentangan dengan semangat konstitusi Indonesia. Bahkan dia mengaku pernah mengusulkan solusi agar timnas Israel bertanding di luar Indonesia.

“Karena itu, harapannya sebetulnya, yang diselesaikan adalah masalah intinya, yaitu mencari solusi bagi timnas Israel agar tetap bisa berlaga akan tetapi tidak di wilayah Indonesia. Saya pernah mengusulkan, main di Singapura. Dengan cara ini, diharapkan piala dunia tetap bisa diselenggarakan di Indonesia tanpa kontroversi dan kegaduhan,” kata dia.

MUI pernah mengatakan sebagian besar ormas-ormas Islam menolak kehadiran Israel bertanding di Piala Dunia U-20 jika digelar di Indonesia.

Namun fakta berkata lain, FIFA akhirnya secara resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ditulis dalam laman resmi FIFA pada Rabu, 29 Maret 2023.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia [PSSI] Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” ucap FIFA. (***)

Editor: M Rusman

Share :

Baca Juga

Nasional

Jenderal Bintang 3 Tersangka KPK, Punya Pesawat Pribadi

Nasional

Rapimnas 2023, SMSI Sepakat Ciptakan Pemilu Damai

Nasional

Merasa Dikhianati, Demokrat Serukan Cabut Baliho Anies Baswedan

Nasional

Ratusan Alumni HMI Siap Jemput Anas Urbaningrum di Lapas Sukamiskin

Nasional

Jenderal Bintang 3 dan Pamen TNI AU Tersangka Dugaan Suap

Nasional

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Ajak Rakyat Indonesia Tolak Politik Identitas dan Agama

Nasional

Cegah Pekerja Ilegal ke Luar Negeri, Ditjen Imigrasi Permudah Persyaratan Paspor Bagi WNI

Nasional

Hanya 8 Hari KPK Hatrick OTT, 2 Kepala Daerah Diamankan. Siapa Giliran Berikutnya