Home / Olahraga

Minggu, 4 Juni 2023 - 21:09 WIB

PSSI Berniat Adakan VAR Pada Laga Sepakbola, kapan?

Skrinsut Ketum PSSI Erick Thohir

Skrinsut Ketum PSSI Erick Thohir

Solo (BERANDATIMUR) – Demi menjaga profesionalisme dalam sepakbola di Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengadalan VAR (video assistant referee) atau Asisten Wasit Virtual

VAR adalah sistem berbasis teknologi yang membantu wasit dalam membuat keputusan yang lebih akurat dan adil pada momen-momen krusial dalam pertandingan, seperti gol, penalti, kartu merah, dan kesalahan identitas.

Niat PSSI ini disampaikan oleh Erick Thohir selaku Ketua Umum pada saat melakukan peninjauan di Stadion Manahan Solo yang akan menjadi tempat penyisihan grup U-23 pada tahun ini.

Untuk mewujudkan penerapan VAR ini, maka semua stadion yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan harus dilengkapi dengan ruangan khusus untuk itu.

Seperti Stadion Manahan Solo, Erick mengatakan sudah disedialan ruangan khusus untuk sarana VAR ini.

“Diupayakan pengadaan VAR ini sudah bisa kita lakukan pada tahun 2024. Tetapi tentunya diperlukan kesiapan stadionnya yang sesuai dengan standar FIFA,” ungkap dia.

Selain itu, lanjut dia, untuk mengefektifkan penggunaan VAR pada setiap liga Indonesia maka semua stadion harus sudah berstandar internasional. Artinya stadion yang akan diberlakukan VAR ini diharuskan sesuai standar FIFA tentunya dengan segala kelengkapan sarana prasarananya.

Erick Thohir mengatakan, soal pengembangan dan memajukan sepakbola di Indonesia telah disuaun blueprintnya sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Agar stadion yang akan menjadi markas berlangsungnya pertandingan sepakbola maka Kementerian PUPR akan merenovasi 18 stadion di Indonesia. Tentunya langsung dilengkapi dengan ketersediaan ruangan VAR tersebut. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Indonesia Bebas dari Sanksi Berat FIFA

Share :

Baca Juga

Pesaing PSM Juarai Liga BRI 1 2022-2023 Sisa 1 Tim

Olahraga

Persita Kalahkan Persija, Pesaing PSM Raih Gelar Juara Sisa 1 Tim
Aksi Brutal Tentara Israel Terhadap Penonton Liga Palestina

Internasional

Aksi Brutal Israel Tembaki Penonton Sepakbola Palestina, Ditunggu Sanksi FIFA

Olahraga

PSM Unggul 2-0 Dibabak Pertama Atas Madura United

Nasional

Polemik Piala Dunia U-20, Pesan Menohok Jokowi: Jangan Campuradukkan Olah Raga dengan Politik

Olahraga

Pernah Diminati Bernardo Tavares Dibursa Transfer Paruh Musim Liga 2022/2023, Striker Timnas Ini Merapat ke PSM Makassar

Olahraga

PSM Bungkam Tuan Rumah Persikabo Diinjuri Time, Skor 1-0
FIFA Matchday: {Pemain PSM Makassar Menggila Saat Melawan Burundi

Nasional

FIFA Matchday: Pemain PSM Menggila Saat Laga Melawan Burundi

Olahraga

PSM Juara, 2 Bendera Asing Terlihat di Lapangan