Home / Olahraga

Minggu, 4 Juni 2023 - 20:52 WIB

Suporter Dilarang Away, Erick Thohir: Antisipasi Sanksi Tegas FIFA

Skrinsut Ketum PSSI Erick Thohir

Skrinsut Ketum PSSI Erick Thohir

Solo (BERANDATIMUR) – PT Liga Indonesia Baru (LIB) secara resmi mengeluarkan aturan tegas dengan melarang suporter melakukan away atau bertandang ke markas tim tuan rumah.

Pelarangan ini mulai diberlakukan pada laga play off Liga Champions Asia antara Bali United melawan PSM Makassar di Stadion I Wayan Dipta Bali pada 6 Juni 2023.

Disampaikan pula Ketua PSSI Erick Thohir saat press comperence di Solo pada Minggu, 4 Juni 2023 bahwa pelarangan suporter melakukan away telah menjadi kesepakatan bersama semua elemen terkait dengan kemajuan persepakbolaan Indonesia.

Pelarangan ini berkaitan dengan antisipasi terjadinya kerusuhan antar suporter maupun dengan unsur lainnya yang menjadi warning FIFA terhadap Indonesia.

Dimana kasus kerusuhan Kanjuruhan Malang yang menelan korban jiwa 135 orang ini sangat menjadi atensi FIFA agar tidak terulang lagi.

Erick menyatakan, kerusuhan setelah kasus Kanjuruhan masih sering terjadi diakhir-akhir Liga 1 BRI 2022-2023 seperti di Semarang.

Oleh karena PT LIB selaku penyelenggara liga disokong oleh PSSI menerbitkan aturan agar melarang suporter mendukung tim kebanggaannya pada saat laga tandang.

“Kita tidak mau ada kerusuhan lagi. FIFA sudah mewarning Indonesia setelah kasus Kanjuruhan. Indonesia tidak disanksi karena diberikan kesempatan untuk memperbaiki liga sepakbolanya,” ujar Ketua PSSI ini.

Ia pun menegaskan tidak menginginkan sanksi tegas FIFA dijatuhkan kepada Indonesia akibat dari kerusuhan yang dilakukan suporter.

“Jika sempat terjadi kerusuhan pada liga di Indonesia maka FIFA akan menghentikan seluruh pertandingan sepakbola di Indonesia,” tegas Erick.

Namun langkah ini dilakukan secara bertahap dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi selama berlangsungnya liga di Indonesia periode 2023-2024.

Hanya saja, kata dia, untuk saat ini larangan tersebut akan diberlakukan dengan tegas. “Tidak ada suporter tim tamu yang hadir pada saat tim dukungannya bertandang di klub lain,” ucap Erick Thohir. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Wartawan Inggeris Ungkap Alasan FIFA¬†Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Share :

Baca Juga

Drawing Piala Duia U-20 Batal, INdonesia Terancam Disanksi FIFA

Nasional

Gagal Selenggarakan Piala Dunia U-20, Indonesia Terancam Dihukum FIFA

Olahraga

Ketajaman Everton dan Adilson Diuji Pada Laga Pembuka Kontra Persija Jakarta

Olahraga

PSM Unggul 2-0 Dibabak Pertama Atas Madura United

Olahraga

3 Penembak Nunukan Ukir Prestasi Pada Kapolda Kaltim Cup 2023

Olahraga

Mengejutkan, Ditolak Main di Indonesia Malah Lolos Babak 8 Besar Piala Dunia U-20, Tuan Rumah Malah Tersingkir
FIFA Matchday: {Pemain PSM Makassar Menggila Saat Melawan Burundi

Nasional

FIFA Matchday: Pemain PSM Menggila Saat Laga Melawan Burundi
PSSI Tambah Hukuman Bek PSM Yuran Fernandes

Nasional

Komdis PSSI Menambah Hukuman Bek PSM Yuran Fernandes, Bagaimana Lawan Madura

Olahraga

PORDI Kaltara Gelar Turnamen Domino Berhadiah Total Rp50 Juta