Home / Olahraga

Minggu, 4 Juni 2023 - 20:52 WIB

Suporter Dilarang Away, Erick Thohir: Antisipasi Sanksi Tegas FIFA

Skrinsut Ketum PSSI Erick Thohir

Skrinsut Ketum PSSI Erick Thohir

Solo (BERANDATIMUR) – PT Liga Indonesia Baru (LIB) secara resmi mengeluarkan aturan tegas dengan melarang suporter melakukan away atau bertandang ke markas tim tuan rumah.

Pelarangan ini mulai diberlakukan pada laga play off Liga Champions Asia antara Bali United melawan PSM Makassar di Stadion I Wayan Dipta Bali pada 6 Juni 2023.

Disampaikan pula Ketua PSSI Erick Thohir saat press comperence di Solo pada Minggu, 4 Juni 2023 bahwa pelarangan suporter melakukan away telah menjadi kesepakatan bersama semua elemen terkait dengan kemajuan persepakbolaan Indonesia.

Pelarangan ini berkaitan dengan antisipasi terjadinya kerusuhan antar suporter maupun dengan unsur lainnya yang menjadi warning FIFA terhadap Indonesia.

Dimana kasus kerusuhan Kanjuruhan Malang yang menelan korban jiwa 135 orang ini sangat menjadi atensi FIFA agar tidak terulang lagi.

Erick menyatakan, kerusuhan setelah kasus Kanjuruhan masih sering terjadi diakhir-akhir Liga 1 BRI 2022-2023 seperti di Semarang.

Oleh karena PT LIB selaku penyelenggara liga disokong oleh PSSI menerbitkan aturan agar melarang suporter mendukung tim kebanggaannya pada saat laga tandang.

“Kita tidak mau ada kerusuhan lagi. FIFA sudah mewarning Indonesia setelah kasus Kanjuruhan. Indonesia tidak disanksi karena diberikan kesempatan untuk memperbaiki liga sepakbolanya,” ujar Ketua PSSI ini.

Ia pun menegaskan tidak menginginkan sanksi tegas FIFA dijatuhkan kepada Indonesia akibat dari kerusuhan yang dilakukan suporter.

“Jika sempat terjadi kerusuhan pada liga di Indonesia maka FIFA akan menghentikan seluruh pertandingan sepakbola di Indonesia,” tegas Erick.

Namun langkah ini dilakukan secara bertahap dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi selama berlangsungnya liga di Indonesia periode 2023-2024.

Hanya saja, kata dia, untuk saat ini larangan tersebut akan diberlakukan dengan tegas. “Tidak ada suporter tim tamu yang hadir pada saat tim dukungannya bertandang di klub lain,” ucap Erick Thohir. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Pengamat Nilai Bencana Sepak Bola Indonesia

Share :

Baca Juga

Erwin Gutawa Bertahan di PSM Makassar

Olahraga

Ini Alasan Erwin Gutawa Memilih Bertahan di PSM Makassar

Internasional

Bendera Merah Putih Dipasang Terbalik di SEA Games Kamboja, Indonesia Protes 
PSSI Berniat Pasang VAR di Stadion

Olahraga

PSSI Berniat Adakan VAR Pada Laga Sepakbola, kapan?
Resmi! Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Internasional

Resmi! Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Olahraga

3 Penembak Nunukan Ukir Prestasi Pada Kapolda Kaltim Cup 2023

Olahraga

PSM Unggul 2-0 Dibabak Pertama Atas Madura United

Advetorial

Lepas Tim Sepakbola ke Pra Kualifikasi, Gubernur Kaltara Harapkan Lolos PON Aceh-Sumut

Olahraga

Pecundangi Bhayangkara FC di Parepare, PSM Selangkah Lagi Juara Liga 1