Home / Kaltara

Senin, 19 Juni 2023 - 14:35 WIB

Binanun dan Liuk Bulu Diusulkan Jadi Lokasi Permukiman Bagi Korban Banjir di Sembakung Atulai

Sembakung Atulai (BERANDATIMUR) – Kecamatan Sembakung Atulai, Kabupaten Nunukan, Kaltara telah menjadi langganan banjir kiriman dari negara tetangga Malaysia.

Banjir yang merendam permukiman warga, fasilitas umum maupun lahan perkebunan dan pertanian ini, seyogyanya menjadi atensi serius dari pemerintah daerah setempat.

Minimal menyediakan lahan yang lebih aman untuk relokasi warga terdampak banjir yang berlangsung lebih sekali dalam setahun.

Sekretaris Kecamatan Sembakung Atulai, Fajar Budayanto, SE melalui sambungan telepon, Senin, 19 Juni 2023 menyatakan, sebagai upaya menghindari kerugian yang lebih besar dan meluas akibat bencana banjir yang berlangsung lebih sekali dalam setahun.

Seluruh kepala desa dan aparatnya di Kecamatan Sembakung Atulai telah mengusulkan dan menyiapkan lahan untuk kawasan permukiman.

Maksudnya lahan tersebut dipersiapkan untuk relokasi warga yang sering terdampak banjir kiriman dari Malaysia ini, ungkap Fajar.

Adapun lokasi relokasi yang disiapkan dan diusulkan berada di Desa Binanun dan Liuk Bulu. Namun pengadaan dan pembebasan lahan yang dimaksudkan itu masih dalam proses oleh instansi terkait.

Menurut Fajar, setiap banjir melanda wilayahnya bukan hanya rumah warga yang rusak tetapi juga fasilitas umum dan milik pemerintah seperti sarana pendidikan, perkantoran, rumah ibadah, jalanan hingga lahan perkebunan dan pertanian.

“Jadi kami warga Sembakung Atulai, dan pemerintah desa serta pemerintah kecamatan sangat mengharap bantuan fasilitasi untuk relokasi rumah,” sebut Fajar. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Sungai Meluap, Desa Salang Tulin Onsoi Terendam Hingga 6 Meter

Share :

Baca Juga

Kaltara

Victor Ratu Meneteskan Air Mata, Usai Ditetapkan Sebagai Ketua SMSI Kaltara Terpilih

Kaltara

Ingin Kembangkan Bakat Anak Muda, Alfiani Putuskan Nyaleg di PKN

Kaltara

Wartawan Ini Terjun di Dunia Politik, Bismillah Maju Nyaleg Untuk Menjawab Pandangan Sinis
Swedia Berniat Gelar Kompetisi Seks

Kaltara

Swedia Akan Gelar Kejuaraan Seks, Apanya yang Dinilai?

Kaltara

30-an Rumah di Panamas Pakai 1 Meteran Listrik, Butuh Perhatian

Kaltara

Kearifan Lokal Jadi Daya Tarik Andalan Pariwisata Kaltara

Kaltara

BTS Telekomunikasi tak Berfungsi, Warga di Perbatasan RI-Malaysia Gelar Unjuk Rasa 

Kaltara

Opsgab TNI AL Tangkap Miras Selundupan Dari Malaysia