Home / Daerah

Selasa, 5 September 2023 - 18:49 WIB

Salmiah Sosialisasikan Cegah Isu Hoax Jelang Pemilu 2024

Sebatik (BERANDATIMUR) – Semua elemen masyarakat punya peran tanggungjawab bersama dalam menangkal informasi-informasi menyesatkan atau isu hoax menjelang Pemilu 2024.

Tak terkecuali penyuluh agama, sebagaimana dilakukan Penyuluh Agama Islam dan Penyuluh Informasi Publik atas nama Salmiah.

Bertempat di Aula Kantor Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan Kaltara pada 5 September 2023 , Salmiah mengatakan, penyebaran berita palsu atau hoax di medsos tanpa disadari dapat berimplikasi hukum.

Dimana penyebarnya dapat dijerat UU ITE sehingga berujung pada proses hukum, kata dia.

“Kecakapan digital tidak hanya berkaitan dengan kemampuan untuk menggunakan gawai, tetapi juga cerdas dan bijak menggunakan media sosial. Perlunya literasi digital dan mewaspadai hoax di tahun pemilu,” ungkap Salmiah.

Belajar dari Pemilu sebelumnya, politik sering didominasi berita hoax sehingga menimbulkan konflik sosial kebencian dan permusuhan. Bahkan merusak rasionalitas pemilih, menurunnya kualitas pemilihan, hingga kredibilitas dan integritas penyelenggara pemilu menurun.

Pentingnya mengecek kebenaran dan mengklarifikasi berita/informasi yang diperoleh. Bisa cek atau melaporkan ke situs media sosial kominfo melalui email aduankontenmail.kominfo.go.id

Salmiah mengajak masyarakat agar tidak terpancing dengan sembarang berita di media sosial.

Hadir pada sosialisasi tersebut adalah Saleh (Sekretaris Camat Sebatik Timur), Zainal Abidinsyah (Sosek Sebatik Timur), Darwis (Babinsa Tanjung Aru), Richard (Bhabinkantibmas Tanjung Aru).

Kemudian hadir pula Kepala KUA Sebatik Timur, M.Ilyas, Budiman (Kepala Desa Tanjung Aru), Syahruddin (Kepala Desa Bukit Aru Indah), Hj Nurica (TP PKK Desa Tanjung Aru), Ketua Unit Pengumpul Zakat Sebatik Timur Amad Soderi, Pengurus Masjid, Kepala Sekolah, Dan Anggota Majelis Taklim Desa Tanjung Aru. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Potret Buram Nunukan (1): Warga Miskin tak Tersentuh Bantuan

Share :

Baca Juga

Daerah

Oknum BPD Ajikuning Berstatus Wartawan Hina Profesi Wartawan, SMSI Berang

Daerah

2 Bengkel Terbakar di Jalan TVRI Nunukan, 4 Mobil Diselamatkan
Anggota DPR RI Incar Kursi Panas Gubernur Kaltara Pilkada 2024

Daerah

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Incar Kursi Panas Kaltara, Bagaimana Nasib Zainal Paliwang?

Daerah

KPU Nunukan Segera Terima Ribuan Bilik Suara Pemilu 2024

Daerah

SMSI Hadir di Perbatasan, Anto Leo Terpilih Jadi Ketua

Daerah

Bansos Pemda Nunukan Diduga Hanya Menyasar Warga “Dikita” Oknum Ketua RT
Kwarda Pramuka Sulbar Gelar Lomba Tingkat IV

Daerah

Kwarda Pramuka Sulbar Gelar Lomba Tingkat IV

Daerah

BBM Langka, Gas Elpiji Juga Menghilang di Nunukan