Home / Daerah

Selasa, 5 September 2023 - 18:49 WIB

Salmiah Sosialisasikan Cegah Isu Hoax Jelang Pemilu 2024

Sebatik (BERANDATIMUR) – Semua elemen masyarakat punya peran tanggungjawab bersama dalam menangkal informasi-informasi menyesatkan atau isu hoax menjelang Pemilu 2024.

Tak terkecuali penyuluh agama, sebagaimana dilakukan Penyuluh Agama Islam dan Penyuluh Informasi Publik atas nama Salmiah.

Bertempat di Aula Kantor Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan Kaltara pada 5 September 2023 , Salmiah mengatakan, penyebaran berita palsu atau hoax di medsos tanpa disadari dapat berimplikasi hukum.

Dimana penyebarnya dapat dijerat UU ITE sehingga berujung pada proses hukum, kata dia.

“Kecakapan digital tidak hanya berkaitan dengan kemampuan untuk menggunakan gawai, tetapi juga cerdas dan bijak menggunakan media sosial. Perlunya literasi digital dan mewaspadai hoax di tahun pemilu,” ungkap Salmiah.

Belajar dari Pemilu sebelumnya, politik sering didominasi berita hoax sehingga menimbulkan konflik sosial kebencian dan permusuhan. Bahkan merusak rasionalitas pemilih, menurunnya kualitas pemilihan, hingga kredibilitas dan integritas penyelenggara pemilu menurun.

Pentingnya mengecek kebenaran dan mengklarifikasi berita/informasi yang diperoleh. Bisa cek atau melaporkan ke situs media sosial kominfo melalui email aduankontenmail.kominfo.go.id

Salmiah mengajak masyarakat agar tidak terpancing dengan sembarang berita di media sosial.

Hadir pada sosialisasi tersebut adalah Saleh (Sekretaris Camat Sebatik Timur), Zainal Abidinsyah (Sosek Sebatik Timur), Darwis (Babinsa Tanjung Aru), Richard (Bhabinkantibmas Tanjung Aru).

Kemudian hadir pula Kepala KUA Sebatik Timur, M.Ilyas, Budiman (Kepala Desa Tanjung Aru), Syahruddin (Kepala Desa Bukit Aru Indah), Hj Nurica (TP PKK Desa Tanjung Aru), Ketua Unit Pengumpul Zakat Sebatik Timur Amad Soderi, Pengurus Masjid, Kepala Sekolah, Dan Anggota Majelis Taklim Desa Tanjung Aru. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Kapolda-Danrem 092 Pantau TPS Pemilu 2024 di Tarakan

Share :

Baca Juga

Daerah

Polairud Polda Kaltara Tangkap 268 Ball Rokok Arrow di Nunukan

Daerah

Brakkkk…Kecelakaan Tunggal di Simpang Kadir Selisun, Pria Tewas di Tempat

Daerah

Harga Cabai Rawit di Nunukan Tembus Rp140.000/Kg

Daerah

Hasil Pencermatan DCT di KPU Nunukan, 332 Caleg Perebutkan 30 Kursi

Daerah

Perbakin Nunukan Sukses Gelar Lomba Menembak se Kaltimtara

Daerah

Calon Penumpang Kesal, Keberangkatan KM Lambelu dari Nunukan Diundur Sampai 3 Kali

Daerah

Waspada! Banjir Mulai Merendam Perkampungan di Bantaran Sungai Sembakung, Nunukan

Daerah

Rokok Arrow Berpita Cukai tak Sah Lolos Beredar di Nunukan, Ini Alasan Ditpolairud