Home / Nasional / SOROT

Selasa, 3 Oktober 2023 - 20:14 WIB

Menteri Pertanian SYL Menghilang di Luar Negeri?

Jakarta (BERANDATIMUR) – Pasca rumah dinasnya di Kompleks Perumahan Menteri, Widya Candra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, digeledah oleh tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis, 28 September 2023, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dikabarkan “menghilang” di luar negeri.

Usai Penggeledahan rumah dinasnya, Mentan SYL dikabarkan telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi suap atau gratifikasi jual beli jabatan di jajaran Kementerian Pertanian.

Pada saat pengeledahan, Mentan SYL sedang melakukan kunjungan kerja di luar negeri bersama sejumlah jajarannya dari eselon I dan II. Namun, rombongan telah pulang ke Tanah Air dan mantan Gubernur Sulsel tidak ada dalam rombongan tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengaku, kehilangan kabar atau lost contact dengan Mentan SYL.

Harvick mengatakan masih mencari terus keberadaan atasannya itu. “Betul. Jadi sampai hari ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023.

Informasi terakhir, kata Harvick, Mentan SYL berada di Spanyol bersama dengan sejumlah pejabat eselon Kementerian Pertanian.

Namun, dikatakan Harvick, rombongan tersebut terpisah dari Menteri Syahrul.

“Eselon I ada yang ikut tiga orang, juga ada eselon II yang ikut kunjungan kerja Pak Menteri, dan ada beberapa staf,” tutur Harvick.

“Kembali ke Tanah Air-nya ini memang masing-masing karena mungkin tiket juga terbatas. Akhirnya terpisah,” kata dia.

Saat ditanya apakah ada indikasi bahwa Menteri Syahrul kabur dari kasus yang sedang ditangani oleh KPK saat ini, Harvick menegaskan tidak.

“Wah insya Allah sih enggak ya. Mudah-mudahan kita doakan bersama-sama agar bisa selesai. Insya Allah,” tutur Harvick. Ia mengaku terakhir kali berkomunikasi dengan Menteri Syahril sebelum acara kunjungan ke Spanyol.

Jangan Lewatkan  Menjajal Jalan Darat Malinau ke Krayan, Inovasi dan Komitmen ZIYAP Membangun Kaltara

Harvick juga tidak tahu saat ini di mana keberadaan menteri dari Partai Nasdem itu. “Ini belum tahu kita ini posisi akhirnya. Belum. Belum ada kontak sama sekali,” ujar dia.

“Kelihatannya pemerintah, tentu instansi yang bertanggung jawab sama hal ini sudah mungkin sudah mulai mencari posisi keberadaan Pak Menteri kita,” tutur Harvick.

Dalam penggeledahan rumah dinas SYL, penyidik lembaga antirasuah mengamankan uang puluhan miliar rupiah dan mata uang asing. Selain uang, penyidik menemukan dan mengamankan 12 pucuk senjata api.

Kendati kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian sudah naik tahap penyidikan, KPK hingga kini belum mengungkap identitas para tersangka.

“Di KPK ada SOP (standard operating procedure), dalam proses penyidikan itu pasti sudah ada yang ditetapkan jadi tersangka,” ujar Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat, 29 September 2023.

Sebelum penggeledahan rumah dinasnya, Mentan SYL sempat mengunggah melalui akun instagram resminya, bahwa dirinya sedang berada di Roma Italia menghadiri forum Global Conference on Sustainable Livestock Transformation yang diadakan oleh FAO (Food and Agriculture Organization/Organisasi Pangan dan Pertanian).

“Dalam pertemuan ini, saya mengajak seluruh negara untuk memperkuat kerja sama dalam mengatasi berbagai masalah di bidang pangan. Sebab, ini sektor strategis yang bisa berdampak luas,” tulisnya di akun @syasinlimpo pada Selasa, 26 September 2023.

Kemudian pada Rabu, 27 September 2023, Syahrul Yasin Limpo juga masih memuat unggahan soal kehadirannya di forum yang diinisiasi FAO. Salah satu unggahan terbaru akun itu merekam kegiatan pembelajaran smartfarming Syahrul di Almeira, Spanyol. Video itu diunggah pada Kamis sore, 28 September 2023. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Nasional

Perihal Indonesia Dicoret Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, MUI Apresiasi Upaya Pemerintah
Anas Urbaningrum Tulis Surat di Lapas Sukamiskin Menjelang Bebas

Nasional

Jelang Bebas, Anas Urbaningrum Titip Surat ke Loyalisnya “Waktunya Pulang”
Koalisi Perubahan Klaim Bacawapres Anies Mengerucut 1 Nama

Nasional

Koalisi Perubahan Klaim Bacawapres Anies Mengerucut 1 Nama, Siapakah Gerangan?

Nasional

Dukungan Capres Jokowi, Sudah Mengerucut ke Satu Nama

Nasional

BREAKINGNEWS – Loyalis Anas Urbaningrum Siap Melawan, dan  Tertawakan Abraham Samad 

Nasional

Menko Polhukam Minta Insiden Polisi Tembak Polisi Diusut Tuntas

Nasional

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Ajak Rakyat Indonesia Tolak Politik Identitas dan Agama

Ekonomi-Bisnis

Hadiri Pelantikan DPP BMWI, Menkop: Prasyarat Negara Menjadi Maju dari Enterpreneurnya