Home / Daerah / SOROT

Senin, 20 Mei 2024 - 14:58 WIB

Potret Buram Nunukan (11) – Warga Senang, Sampah Diangkut Tiap Hari

Nunukan (BERANDATIMUR) – Sampah buangan pedagang di Pasar Inhutani Kelurahan Nunukan Utara, Kabupaten Nunukan dan warga sekitarnya yang sempat menjadi sorotan tajam dengan mengaitkan perolehan Piala Adipura akhirnya mulai diangkut dengan cepat.

Pantauan di tempat pembuangan sampah (TPS) yang terletak di sudut Pasar Tradisional Inhutani ini, tampak mulai bersih dan tidak menutupi badan jalanan lagi. Pedagang yang dekat di TPS tersebut pun mulai aktif mengawasi warga yang ingin membuang sampahnya dengan mengarahkan ke bak sampah yang telah disediakan.

Bahkan, pedagang berinisiatif memasang plang yang berdekatan dengan imbauan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan bertuliskan “Buanglah Sampah Pada Tempatnya,”.  Pengawasan yang dilakukan warga sekitar TPS yang mengarahkan membuang sampah pada tempatnya adalah sebuah kesadaran yang patut diapresiasi.

Seorang pedagang Pasar Inhutani yang lapaknya dekat dengan TPS bernama Hj Martan pada Senin, 20 Mei 2024 mengaku, akhir-akhir ini sampah-sampah di TPS ini sudah mulai rutin tiap hari diangkut menggunakan mobil truk milik Pemkab Nunukan.

“Hari-hari sudah diangkut sampahnya. Kita juga tegur warga yang mau buang sampah supaya dibuang di bak sampah,” tutur dia.

Menurut dia, sudah dua hari ini, pedagang maupun warga yang berdomisili di sekitar TPS yang selama ini ditemukan sampahnya berserakan di jalanan hingga membusuk sudah aktif menegur. Bahkan, masih ditemukan pedagang yang membuang sampahnya sembarangan sehingga ditegur agar dipungut kembali dan dibuang ke bak.

Hj Martan mengatakan, sebelumnya kadangkala mobil truk yang mengangkut tidak terisi penuh padahal masih banyak sampah yang berserakan.  Oleh karena itu, dia berharap, warga atau pedagang di pasar itu punya kesadaran untuk membuang sampahnya pada tempat yang sudah disediakan. Agar tidak berserakan dijalanan karena dapat mengganggu kendaraan yang keluar masuk.

Jangan Lewatkan  Gubernur Apresiasi Kemeriahan MTQ IX di Tana Tidung

Ketika menanyakan sampah-sampah yang berserakan hingga memenuhi badan jalanan dan mengeluarkan bau menyengat tidak diangkut oleh petugas kebersihan, Hj Martan mengaku tidak tahu menahu. “Tidak tahu juga kenapa,” ujar dia singkat.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan, dibutuhkan kesadaran bersama baik warga sekitarnya maupun Pemkab Nunukan. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Hasil Musda Kwarda Pramuka Sulbar Dinilai tak Sah

Daerah

Penetapan Suraidah Suhardi, Nakhoda Baru Kwarda Pramuka Sulbar tak Sah

Daerah

Perbakin Nunukan Sukses Gelar Lomba Menembak se Kaltimtara

Daerah

Polairud Polda Kaltara Tangkap 268 Ball Rokok Arrow di Nunukan

Daerah

Hasil Pencermatan DCT di KPU Nunukan, 332 Caleg Perebutkan 30 Kursi

Daerah

Potret Buram Nunukan (2): Dianggap tak Pro Bupati, Insentif Ketua RT 26 Nunukan Barat tak Dicairkan

Daerah

Buruh Jatuh dari Kapal di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan

Daerah

Potret Buram Nunukan (5): Sampah Dibiarkan Berserakan Membusuk, Apa Alasan Bupati Nunukan

Daerah

Potret Buram Nunukan (12): Staf Kelurahan Ancam Persulit Urusan Warga dan tak Diberikan Bantuan