3 perusahaan negara sosialisasi program penguatan ultra mikro di Nunukan

Nunukan (BERANDATIMUR) – Tiga perusahaan milik negara yakni BRI, Pegadaian dan PNM menggelar sosialisasi program penguatan ultra mikro terintegrasi di Kabupaten Nunukan, Kaltara dengan melibatkan pelaku usaha dari kelompok emak-emak dan milenial.

Ketua Panitia Kegiatan, Tusriadi di Nunukan, Senin, 7 Juni 2021 menuturkan kegiatan ini hanya melibatkan ibu-ibu dan milenial karena kedua kelompok ini yang paling banyak menggagas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akhir-akhir ini di Kabupaten Nunukan.

Ia menambahkan, ada tiga perusahaan permodalan yang terlibat menjadi nara sumber yaitu BRI, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Mekar (PNM). Ketiga perusahaan ini akan menjadi holding.

Khusus PT PNM sendiri, selama menyalurkan bantuan permodalan kepada pelaku UMKM sebesar Rp1,5 juta sampai Rp15 juta per orang yang diberikan dalam bentuk kelompok.

“Modal yang disalurkan PT PNM ini diberikan dalam bentuk kelompok bukan per orang,” sebut dia.

Selain diberikan bantuan modal usaha, PT PNM juga melakukan pendampingan atau pembinaan. “PT PNM ini masih fokus memberikan bantuan kepada kelompok ibu-ibu dan belum menyentuh ranah laki-laki,” ucap dia.

“Sistim yang dibangun PT PNM ini berbentuk pembinaan seperti arisan. Ketiga perusahaan nantinya menjadi sebuah holding,” ungkap Tusriadi.

Kenapa dilaksanakan di Kabupaten Nunukan? Karena kita ketahui bersama, banyak potensi-potensi UMKM di daerah ini yang sangat membutuhkan bantuan modal sementara kesulitan mendapatkan informasi itu.

Sehubungan dengan kendala tersebut, maka sosialisasi program integrasi UMKM dengan melibatkan Karang Taruna dan bantuan dari Deddy Sitorus, anggota DPR RI, beber Tusriadi.

Melalui kegiatan sosialisasi ini juga, PT PNM berkeinginan memiliki kantor di Kabupaten Nunukan untuk mempermudah akses bagi UMKM mendapatkan bantuan permodalan.

Peserta yang mengikuti sosialisasi ini sengaja dibatasi maksimal 100 orang dengan memperketat protokol kesehatan. Dimana semua peserta wajib melakukan pemeriksaan swab.

Adapun nara sumber adalah Miswadi Kepala Region Mekaar Kalsel PT PNM, Tommy Ramli Pimpinan Cabang PT PNM Persero, Agus Riyadi Vice President PT Pegadaian Persero area Tarakan, Rizky Fadillah Pimpinan BRI Cabang Nunukan. (***)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here