4 Parpol Baru Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024, Salah Satunya PKN

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Nasional Calon Peserta Pemilu 2024
Ketua Bidang OKK Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menerima berita acara penetapan peserta pemilu 2024 dari Komisioner KPU RI usai rapat pleno terbuka rekapitulasi nasional di Kantor KPU RI, Rabu (14/12)

Jakarta (BERANDATIMUR) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 17 partai politik (parpol) sebagai peserta Pemilu 2024 melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi nasional pada Rabu, 14 Desember 2022.

Dari 17 parpol yang lolos tersebut, 4 diantaranya parpol baru atau pertama kali ikut pemilu yakni Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Buruh dan Partai Garuda.

Sedangkan satu parpol baru yakni Partai Umat dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat (MS) pada dua provinsi yakni NTT dan Sulawesi Utara.

“Menetapkan 17 parpol yang memenuhi syarat pemilu 2024,” kata Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari usai pembacaan hasil reakapitulasi pada 34 provinsi.

Ke-17 parpol yang lolos menjadi peserta Pemilu 2024 telah melewati sejumlah tahapan mulai dari pendaftaran, verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual.

Baca Juga:  Udin Hianggio Batal Nyalon di Pilgub Kaltara? PDIP: Belum Pasti

Sebelumnya, 24 partai politik dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran dan melanjutkan ke tahap verifikasi administrasi. Dalam tahapan verifikasi administrasi, terdapat 6 partai politik yang tidak memenuhi syarat.

Sehingga, hanya 18 partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual.

Namun, merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK), partai politik yang telah dinyatakan lolos ke parlemen tidak lagi melakukan verifikasi faktual.

Sebanyak sembilan parpol yang kini berada di parlemen Senayan yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PPP dan Nasdem.

Hanya sembilan parpol yang tidak memiliki wakil di DPR RI menjalani  verifikasi faktual mulai 15 Oktober 2022 hingga 23 Nopember 2022 yakni Perindo, Hanura, PSI, Perindo, PBB, PKN, Gelora, Umat, Buruh dan Partai Garuda.

Baca Juga:  Kasus tewasnya Brigadir J jatuhkan sejumlah bintang dan melati

Berikut 17 parpol yang dinyatakan MS sebagai parpol peserta Pemilu 2024:

1. Partai Amanat Nasional (PAN)
2. Partai Bulan Bintang (PBB)
3. Partai Buruh
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Demokrat
6. Partai Garuda
7. Partai Gelora
8. Partai Gerindra
9. Partai Golongan Karya (Golkar)
10. Partai Hati Nurani Rakyat
11. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
12. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
13. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) 14. Partai Nasdem
15. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
16. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
17. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Partai Umat dinyatakan tidak lolos karena tidak MS pada dua provinsi yaitu di NTT dan Sulit.

Di Provinsi Sulut, partai besutan Amin Rais ini hanya MS di satu kabupaten dari jumlah syarat minimal 11 kabupaten/kota dan di NTT hanya MS di 12 kabupaten/kota dari jumlah syarat minimal 17 kabupaten/kota.

Baca Juga:  Partai Kebangkitan Nusantara Cabang Ende siap berkontestasi di Pemilu 2024

Untuk diketahui, agar bisa lolos menjadi peserta Pemilu setiap partai harus dinyatakan MS di 34 Provinsi.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi nasional ini dihadiri jajaran KPU RI, Bawaslu RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). (***)

Sumber: Sindonews.com
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here