Murid-murid sekolah anak TKI CLC Nusantara Sandakan Malaysia

Kota Kinabalu (BERANDATIMUR.COM) –  Tahun ajaran 2019-2020, Pemerintah Indonesia menggelontorkan beasiswa pendidikan kepada 500 anak warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah dam Sarawak Malaysia untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Hal ini disampaikan, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Negeri Sabah, Istiqlal, Senin sekaitan dengan upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi anak-anak Indonesia yang mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah yang berada di ladang-ladang kelapa sawit dan bekerja pada sektor pekerbunan/pertanian.

Dibandingkan pada tahun sebelumnya 2018, jumlah penerima beasiswa tahun 2019 ini mengalami peningkatan cukup signifikan dari 300 orang menjadi 500 orang. Ini menunjukkan perhatian bagi pendidikan anak-anak TKI cukup besar.

Baca Juga:  Donald Trump dan Reputasi Amerika

Istiqlal menerangkan, beasiswa ini tentunya diberikan kepada anak-anak TKI berprestasi yang hendak melanjutkan pendidikan pada jenjang lebih tinggi pada beberapa sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia.

Namun dia katakan, program semacam ini telah berlangsung beberapa tahun sebelumnya dimana ratusan anak-anak TKI telah berhasil melanjutkan pendidikan pada sekolah dan perguruan tinggi favorit di Indonesia.

“Anak-anak diberikan pilihan bebas memilih sekolah atau perguruan tinggi yang disukainya untuk melanjutkan pendidikannya,” ujar Istiqlal.

Program beasiswa bagi anak-anak TKI di Negeri Sabah ini ditanggapi positif oleh Konsulat Jenderal RI Kota KInabalu, Krishna Djelani. Ia mengatakan, program ini sangat membantu bagi anak-anak WNI di wilayah kerjanya untuk meningkatkan pengetahuan dan pendidikannya.

Baca Juga:  3 TKI yang Diculik Abu Sayyaf di Lahad Datu, Diselamatkan Tentara Filipina di Tawi-Tawi

Ia menyadari, ketidakmampuan orangtuanya yang sebagian besar bekerja di ladang-ladang kelapa sawit dan sektor perkebunan atau pertanian terbantu oleh adanya beasiswa ini.

Hal yang sama diutarakan, Konsul RI Tawau, Sulistijo Djati Ismoyo bahwa anggaran beasiswa bagi anak-anak TKI yang berprestasi mengalami peningkatan dari segi jumlah.

Peluang ini tentunya, harus dimanfaatkan oleh orangtuanya untuk memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan pada tingkatan lebih tinggi. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here