71 Mahasiswa Nunukan Dari China Dinyatakan Negatif Virus Corona. Bagaimana Nasib Ketujuh Mahasiswa Yang Dikarantina di Natuna?

Pemantauan Mahasiswa Nunukan Dari China
Foto: Doc BERANDATIMUR.COM

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Puluhan mahasiswa asal Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang tiba dari China dinyatakan negatif virus corona minus tujuh orang yang masih menjalani karantina di Pulau Natuna Kepulauan Riau. Tujuh mahasiswa Nunukan yang dikarantina di pulau yang terletak di Laut China Selatan ini direncanakan dipulangkan Sabtu, 15 Februari 2020 oleh Menteri Kesehatan RI.

Informasi ini diperoleh dari Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan dari China ketika bertemu di Terminal Pelabuhan Tunon Taka pada Kamis, 13 Februari 2020.

dr Baharullah, Koordinator Kesehatan Pelabuhan Kabupaten Nunukan mengungkapkan, sesuai hasil pemantauan dan pengawasan yang dilakukan pada seluruh mahasisa yang tiba dari China dinyatakan semuanya negatif virus corona. Pemantauan dan pengawasan yang dilakukan tersebut langsung di rumah mahasiswa masing-masing selama 12 hari sejak tiba di Kabupaten Nunukan.

Baca Juga:  8 Gedung Belajar Bersumber Dari DAK Diresmikan

“Semuanya dinyatakan negatif virus corona sesuai hasil pemantauan dan pengawasan selama masa inkubasi di rumah masing-masing,” beber dia. Pengawasan langsung ke rumah-rumah mahasiswa ini sebenarnya sebuah tindakan yang unik dan tidak dilakukan daerah lainnya di Indonesia.

Ia menerangkan, meskipun belum semuanya (mahasiswa) telah habis masa inkubasinya tetapi semuanya telah dianggap bebas dari virus yang telah menelan korban hingga ribuan orang di China khususnya di Wuhan sebagai daerah pertama yang terdampak virus yang berasal dari binatang ini.

Pengawasan dan pemanatauan terhadap seluruh mahasiswa dari China ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan dan instansi lainnya. Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan melalui staf Bidang Pencegahan Penyakit Menular, Aris Suyono menyebutkan, mahasiswa Kabupaten Nunukan yang pulang dari China hingga saat tercatat 71 orang.

Baca Juga:  Pelindo Dinilai Tak Dukung Pencegahan Virus Corona di Nunukan

Semuanya langsung ditangani secara intensif dengan melakukan tindakan langsung di rumahnya untuk memastikan mahasiswa bersangkutan bebas dari virus corona tersebut. Aris menambahkan, ke-71 mahasiswa Nunukan yang menuntut ilmu di China ini belum termasuk tujuh orang yang sedang menjalani karantina di Pulau Natuna Kepulauan Riau. (*)

Penulis: Ricky Saputra
Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here