Anak-anak TKI di Sabah peringati HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan suka ria

Anak TKI upacara HUT Kemerdeakaan RI ke-77
Ribuan anak TKI memperingati HUT kemerdeakaan RI ke-77 di Sabah, Malaysia pada Senin (17/8),

Sabah (BERANDATIMUR) – Anak-anak TKI dan WNI di Sabah, Malaysia merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan suka ria melalui berbagai kegiatan untuk memeriahkannya.

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di negeri Jiran digelar oleh Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu, Sabah dihadiri sekitar 300 peserta terdiri dari staf KJRI Kota Kinabalu, ILO TNI, DWP KJRI Kota Kinabalu, tamu undangan, guru dan peserta didik Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), mahasiswa magang dan KKN serta WNI/PMI.

Bertindak selaku pembina upacara adalah Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Rafail Walangitan. Sementara pasukan pengibar bendera (paskibra) dari siswa SIKK.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 2022 ini dilaksanakan dengan penuh hikmat dan spesial dengan memakai pakaian adat daerah di Indonesia, setelah dua tahun upacara diselenggarakan secara terbatas karena pandemi COVID-19.

Upacara kali ini dilaksanakan dengan menyiarkan langsung secara live streaming di laman youtube dan facebook dan instagram resmi KJRI Kota Kinabalu agar dapat disaksikan oleh WNI lainnya di Sabah yang tidak sempat hadir.

Baca Juga:  Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, TP-PKK gelar cek kesehatan gratis

Selain KJRI Kota Kinabalu, HUT Kemerdekaan RI ke-77 juga diperingati oleh anak-anak TKI di seluruh community learning center (CLC) di seluruh wilayah Sabah

Bahkan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini diliput oleh media-media negara tetangga Malaysia.

Kepada awak media setempat, Konjen RI Kota Kinabalu, Rafail Walangitan menyampaikan Agustus adalah bulan yang spesial bagi Indonesia dan Malaysia karena sama-sama merayakan hari kemerdekaan nya.

Malaysia sendiri merayakan HUT Kemerdekaan nya pada 30 Agustus. “Karena pada bulan Agustus, seluruh rakyat Indonesia dan Malaysia sama-sama merayakan hari kemerdekaannya,” jelas Rafail.

Anak-anak TKI Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Sabah, Malaysia
Anak-anak TKI di salah satu CLC di Sabah bersuka ria merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 pada Rabu (17/8). FOTO: KJRI Kota Kinabalu

Sejalan dengan tema peringatan yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Rafail mengajak seluruh WNI di Sabah untuk menghayati peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Baca Juga:  Puluhan Ribu Umat Muslim New York USA Sholat Id 4 Juni

WNI harus memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta dapat bangkit untuk mencapai kemajuan SDM yang unggul menuju Indonesia maju secara terus menerus.

Menutup pernyataan pers, Konjen RI Kota Kinabalu berharap kerjasama bilateral Indonesia dan Malaysia, khususnya negeri Sabah, yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat semakin ditingkatkan seiring rencana kepindahan IKN ke Kalimantan Timur.

Pada kesempatan itu, tiga staf KJRI Kota Kinabalu menerima penghargaan pengabdian 20 tahun lebih.

Usai upacara, tamu undangan berkumpul di Balai Budaya KJRI Kota Kinabalu untuk acara ramah tamah dan tasyakuran dengan pemotongan tumpeng dan kue.

Konjen RI Kota Kinabalu menyerahkan potongan tumpeng perdana kepada Mayor Dewan Bandaraya Kota Kinabalu YBHG Datuk Noorliza Awang Ali dan diikuti undangan kehormatan lainnya.

Baca Juga:  Tiga WNI diculik kelompok bersenjata diduga anggota polisi Filipina ditebus RM65.000

Selanjutnya, para staf KJRI Kota Kinabalu tetap mengenakan pakaian adat nasional menyaksikan live streaming upacara pengibaran bendera di Istana Negara.

Tak kalah menariknya, puncak perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, KJRI Kota Kinabalu mengadakan pesta rakyat menampilkan finalis lomba menyanyi, lomba melukis dan pembagian hadiah kepada pemenang rangkaian lomba.

Selain itu ada pula panggung rakyat dengan menampilkan Surya Band dan Masmona dari Kota Kinabalu. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here