Aparat kepolisian bersenjata lengkap menjaga dan mengamankan KPU Nunukan sebelum dan sesudah pemungutan suara pemilu 2019.

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Selain pengamanan aparat kepolisian dan TNI yang berjaga 24 jam, puluhan CCTV pun memantau kedatangannya di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan Kalimantan Utara.

Kamera tersembunyi (CCTV) dipasang pada titik strategis demi menjaga keamanan logistik pasca pemungutan suara pemilu 2019.

Hal ini diakui Ketua KPU Nunukan, Rahman di Nunukan, Kamis bahwa pemasangan CCTV sebagai antisipasi adanya pihak-pihak tertentu yang akan mengganggu logistik pemilu pilpres dan pileg.

CCTV yang dipasang pada 10 titik baik di dalam penyimpanan kotak suara maupun di sekitar kantor dapat dimonitor di ruang custom center Polres Nunukan dan seluruh telepon android komisioner KPU setempat.

Baca Juga:  Zainal-Yansen: Produk Usaha Lokal Harus Tembus Pasar Dunia

Mengenai pengadaan CCTV ini, kata dia, dilakukan oleh KPU Nunukan atas relomendasi Polres Nunukan.

“CCTV ini sengaja diadakan untuk memantau segala kejadian di sekitar Kantor KPU (Nunukan) dan di dalam ruangan penyimpanan kotak suara hasil penghitungN suara dari kecamatan,” kata Rahman.

Kemudian, Kapolres Nunukan, AKBP Teguh Triwantoro, Kamis menjelaskan, pengadaan CCTV ini untuk memantau pergerakan orang yang berada di Kantor KPU Nunukan.

Ia menambahkan, pengadaannya atas rekomendasi Polres Nunukan kepada KPU Nunukan karena berkaitan dengan keamanan logistik pemilu 2019 ini.

Baca Juga:  LSM Panjiku Sesalkan Tindakan SMP Muhammadiyah Nunukan

Teguh juga mengatakan, CCTV di Kantor KPU Nunukan termonitor di Mapolres Nunukan sehingga mudah memantaunya.

Kapolres Nunukan juga pemasangan CCTV tersebut sebagai upaya memudahkan aparat kepolisian memantau pengamanan logistik yang disimpan dalam gudang di Kantor KPU Nunukan.

Ia juga membenarkan, ada 10 titik CCTV yang dipasang di KPU Nunukan termasuk beberapa titik di luar kantor.

Teguh berharap, kondisi keamanan logistik pemilu 2019 di Kantor KPU Nunukan tetap terkendali hingga akhir rekapitulasi perolehan suara. (***)

Editor: M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here