Bagian Belakang KM Cattleya Penyok Ditabrak KM Prince Soya

KM Cattleya Ekspres mengalami kerusakan pada bagiab belakang (buritan) akibat ditabrak oleh kapal lainnya KM Prince Soya di Pelabuhan Nusantara Parepare Sulsel, Selasa (7/5). Foto: Tribun Timur

Parepare (BERANDATIMUR.COM) – Diduga kemudi KM Prince Soya mengalami masalah sehingga menabrak bagian belakang KM Cattleya Ekpress yang sedang sandar di Pelabuhan Nusantara Parepare Sulawesi Selatan, Selasa (7/5).

“Prince diduga alami kerusakan kemudi sehingga menabrak KM Cattleya Ekpress,” ungkap Kepala Kesyanbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare, Dahlan Museng Gappa di Parepare dikutip dari Media Online Tribun Timur. 

Dahlan menjelaskan, akibat kejadian tersebut KM Cattleya Ekspres mengalami kerusakan (penyok) pada bagian belakang (buritan).

Sedangkan KM Prince Soya mengalami kerusakan pada bagian depan.

“KM Prince Soya penyok bagian depan, sedangkan KM Cattleya Ekpress penyok di bagian buritan kapal,” tambah Dahlan.

Baca Juga:  KPI deklarasi dukung Cak Imin-AAS, Relawan AAS bilang begini

Tabrakan terjadi saat KM Prince Soya bergeser dari Pelabuhan Cappa Ujung ke Pelabuhan Nusantara. Kapal ini rute Parepare-Samarinda Kaltim.

Sekaitan kejadian ini, kedua kapal ini masih menunggu hasil pemeriksaan atas insiden tabrakan yang terjadi dan kelayakan untuk kembali beroperasi.

Jelang musim mudik, sejumlah kapal mengalami rute pelayaran dari Parepare menuju sejumlah daerah di Pulau Kalimantan.

Kerusakan yang dialami KM Cattleya Ekspres yang memiliki rute Parepare-Nunukan Kalimantan Utara ini tergolong cukup parah. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa.

“Saat kejadian, KM Prince Soya dari Pelabuhan Cappa Ujung, Kota Parepare, hendak berlabuh menunggu penumpang di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare. KM Prince Soya terlihat oleng. Sebelum menabrak kapal KM Cattleya, KM Prince Soya nyaris menabrak KM Queen Soya,” kata Basri, warga Parepare yang melihat langsung kejadian ini, Selasa (7/5).

Baca Juga:  Pengurus Karang Taruna Puang Tanuntung Telah Dilantik

Pada saat kejadian dermaga Pelabuhan Nusantara Parepare bergetar. Tiga tali penahan kapal KM Cattleya Ekspres yang terikat pada tiang terpaksa putus.

“Tiga tali penahan kapal KM Cattelya putus. Tabrakan yang terjadi menimbulkan dentuman keras. Beruntung saat kejadian, penumpang belum berada di pelabuhan,” kata Basri.

Manajer operasional PT Panca Merak Samudra pemilik KM Cattelya Express, Yasser Tjanring, mengatakan, kapal milik perusahaannya mengalami robek dan penyok di bagian punggung belakang akibat tertabrak.

“Rusak di bagian belakang kapal. Dinding mengalami robek dan penyok,” kata Yasser.

Baca Juga:  Guru Besar UINAM Jadi Narasumber Pada Seminar Nasional Pendidikan Berkarakter di Lutim

“Dari keterangan nakhoda KM Prince Soya, kemudi tidak dapat terkontrol sesaat kapal ingin berlabuh di dermaga Pelabuhan Nusantara,” kata dia. (***)

Editor: M Rusman
Sumber : Tribun Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here