Bakamla Perkokoh Wawasan Kebangsaan di Perbatasan

Sebatik (berandatimur.com) – Bakti sosial Bakamla (Badan Keamanan Laut) RI di perbatasan RI dengan Malaysia dengan menggelar berbagai kegiatan berkaitan dengan fungsi dan tugas pokoknya pada 28 Juli 2018 hingga 1 Agustus 2018 di Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Salah satunya dengan mengunjungi sejumlah sekolah di Pulau Nunukan, Pulau Sebatik dan Pulau Kalimantan yakni di Kecamatan Sei Menggaris.

Kunjungannya di sekolah-sekolah tersebut memberikan pemahaman kemaritiman, wawasan kebangsaan dan bela negara.

Sekolah yang dikunjungi yaitu SMPN 1 Sekaduyan Taka Kecamatan Sei Menggaris, SDN 005 Kecamatan Nunukan dan Pondok Pesantren Mutiara Bangsa di Pulau Sebatik.

Baca Juga:  Menderita Tumor Ganas Sejak 30 Tahun Silam, Nenek Ini Ditemukan Sebatang Kara di Gubuknya

Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI, Kolonel Laut (HK) Toni Syaiful melalui Kasubah Humas dan Protokol, Mayor Marinir Mardiono di Nunukan, Selasa (31/7) menyatakan, pemberian pengetahuan bidang kemaritiman juga penting karena Bakamla baru dibentuk empat tahun lalu.

Oleh karena itu, belum banyak yang memahami fungsinya dan tugas pokoknya dari Bakamla RI.

Rombongan Bakamla RI berfoto dengan tenaga pengajar di Pondok Pesantren Mutiara Bangsa Pulau Sebatik, Selasa (31/7)

Selama memberikan materi di sekolah-sekolah di wilayah perbatasan, kata Mardiono, pelajar sangat antusias ditandai dengan respon yang cepat saat diberikan kuis berhubungan dengan kemaritiman, wawasan kebangsaan dan bela negara.

Baca Juga:  Piala Suratin Sulbar Diikuti Puluhan Tim

Ia berpendapat, Bakamla RI berkewajiban memberikan pemahaman ketiga bidang tersebut kepada warga perbatasan khususnya terhadap pelajar.

Tentang pentingnya memiliki jiwa nasionalisme, cinta tanah air dan bela negara terhadap negeri tercinta Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau yang disatukan dengan lautan.

Mardiono mengutarakan, bakti sosial do wilayah perbatasan puncaknya pada Rabu (1/8) dengan menanam mangrove di Pantai Tanjung Aru Desa Bukit Aru Kecamatan Sebatik Timur Pulau Sebatik.

Selain itu, Bakamla RI dengan dukungan prajurit Satgas Pamta Marinir XXIII Pulau Sebatik.

Editor: M Rusman

Baca Juga:  KPU Kaltara: Jadikan Pilkada 2020 Bermartabat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here