Salut…Polman Perkuat Aparat Desa Melalui Pelatihan Kapasitas

POLMAN (berandatimur. com) – Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat terus meningkatkan penguatan aparat desanya dengan mengikutkan pelatihan-pelatihan kapasitas berkarakter.

Sebagaimana pelatihan penguatan yang dilaksanakan baru-baru ini di Yogyakarta pada 8-12 Desember 2018 dengan menghadirkan nara sumber dari Kementerian Transmigrasi, Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal serta Kementerian Dalam Negeri.

Bupati Polman,  Andi Ibrahim Masdar di Polewali, Selasa (18/12) menyatakan, aparat desa yang di dalamnya terdapat kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah pemerintah akar rumput.

Sebab kepala desa dan aparat desa lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat paling bawah dalam memberikan pelayanan.

Baca Juga:  Kapolres Nunukan Bantu Nenek Lebbi, Janda Tua yang Tak Berkelebihan

Andi Ibrahim.Masdar menambahkan, aparat pemerintahan desa mempunya tugas dan tanggung jawab yang besar dalam keberhasilan program pemerintah daerah hingga pusat.

Sehubungan dengan tugas dan tanggungjawabnya yang besar maka aparat desa perlu memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mumpuni.

Salah satunya dengan mengikutkan pelatihan-pelatihan kapasitas agar mampu mengejawantahkan misi dan visi pemerintah daerah dan pusat, jelas Bupati Polman.

Pelatihan Penguatan Kapasitas Aparatur Desa dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa serta Peningkatan Peran dan tugas BPD di Yogyakarta diikuti 71 desa tersebut, Bupati Polman menilai,  salah bentuk perhatian daerahnya mendorong aparatur di desa bertindak dan berbuat maksimal sesuai maksud dan tujuan dari program kerjanya.

Baca Juga:  UIM Gelar Seminar Perawatan Era Industri 4.0
Para aparatur desa Kabupaten Polman, Sulbar saat mengikuti pelatihan kapasitas di Yogyakarta baru-baru ini. Foto: Almadar Fattah

Berkaitan dengan kenaikan nominal dana desa saat ini dari pemerintah pusat maka aparatur desa wajib memiliki pengetahuan pengelolaan keuangan sesuai dengan kapasitas dan pemahaman peruntukannya.

Secara terpisah, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Polman, Darwis, sangat mengapresiasi kegiatan ini yang diprakarsai Pemkab Polman.

Ia juga sangat mendukung dan mendorong Pemkab Polman agar pelatihan semacam ini dilaksanakan tahun berikutnya.

Mengingat 2019 nanti akan digelar pilkades serentak dimana akan banyak kepala desa baru yang tentunya membutuhkan bimbingan dan pelatihan kapasitas.

Baca Juga:  Polman Larang Perayaan Malam Pergantian Tahun

“Kami dari APDESI mengharapkan pelatihan semacam ini dilanjutkan tahun-tahun berikutnya,” kata Darwis.

Penulis: Almadar Darah

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here