Konsultan Pengembangan Keuangan BI Sulsel, Azfa Pabulo saat memperkenalkan program Si Apik kepada pelaku UMKM di Kantor Koperasi dan UMKM Sulsel, Minggu (26/5).

Makassar (BERANDATIMUR.COM) РBank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan memperkenalkan program Si Apik (Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Konsultan Pengembangan UMKM KPwBI Sulsel, Azfa Pabulo yang memperkenalkan program Si Apik ini kepada pelaku UMKM di Gedung KUMKM Dinas Koperasi UMKM Jalan AP Pettarani Makassar pada Minggu, 26 Mei 2019.

Azfa Pabulo mengatakan Si Apik dibuat hasil kerja sama antara Bank Indonesia dan Ikatan Akuntasi Indonesia (IAI) sehingga aplikasi ini memenuhi Standar Akuntansi Keuangan Guna Entitas tidak dengan Akuntabilitas Publik ( SAK ETAP).

Baca Juga:  Gubernur Sulsel Apresiasi Pelaksanaan PES 2018

Pengenalan yang di kemas dalam bentuk workshop tersebut, dia menekankan bahwa pelaku UKM harus mempunyai kesadaran untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan.

“Pertama pelaku UKM harus punya kesadaran terlebih dahulu tentang pencatatan transaksi keuangan. Kedua kita akan berikan pemahaman tentang fungsinya dan kemudian mudah-mudahan mereka mau mengaplikasikannya dengan mudah menggunakan Si Apik,” beber Azfa.

Selain itu, ia juga menjelaskan aplikasi Si Apik cukup mudah untuk digunakan karena kita sisa menginput data transaksi pemasukan dan pengeluaran, lalu akan terhitung secara otomatis.

Azfa mempraktekkan penggunaan program Si Apik ini melakukan praktek kepada para pelaku UKM yang hadir tentang pelaporan keuangan.

Baca Juga:  Bukber Dengan Insan Pers, BI Sulsel Ucapkan Terima Kasih

“Apa pun, yang namnaya UMKM itu butuh pendampingan. Jika soal digitalisasi apabila sudah miss sedikit biasanya tidak diteruskan mengunakan aplikasinya,” ujar dia.

Ia pun akan membuka kolaborasi untuk bersinergi dengan lembaga dan komunitas UKM yang ada di Sulsel.

“Seperti di sini, kita berkolaboarasi dengan makassarpreneur,” tutup Azfa. (*)

Reporter: Atim
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here