Bukber Dengan Insan Pers, BI Sulsel Ucapkan Terima Kasih

Makassar ( BERANDATIMUR.COM) – Bank Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan menggelar buka puasa bersama dengan insan pers di Hotel Melia Jalan Mappanyuki Kota Makassar, Selasa, 28 Mei 2019.

Dihadiri puluhan awak media di Kota Daeng, BI menyampaikan perannya dalam pengembangan industri kreatif serta Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi BI Sulsel, Johnson Pasaribu berpendapat,  media cetak maupun elektronik adslah mitra kerja yang sangat membantu dalam menginformasikan apa yang telah dilakasanakan selama ini.

“Media amat membantu kami dalam pemyampaikan apa yang telah BI laksanakan dan saya harap jika ada kekurangan tolong teman-teman sampaikan supaya kami melakukan perbaikan ke depannya,” pinta Johnson Pasaribu.

Baca Juga:  Dosen UNM, mengolah singkong menjadi jajanan khas Makassar 

Menyentuh soal peran BI dalam pengembangan UMKM, dia menekankan,  bukan berorientasi profit. BI benar-benar hanya ingin memberikan pendampingan dalam peningkatan produksi UMKM di Sulsel.

“Jika masyarakat terbantukan melalui program pengembangan UMKM BI itu sudah menjadi subuah kesenangan buat kami,” ujar dia.

Awak media yang menghadiri bukber dengan BI Sulsel di Hotel Melia Jalan Mappanyukki Makassar, Selasa (28/5). Foto: Atim

Sementara itu ,Manajer Fungsi pada Divisi Pengembangan Ekonomi BI Kpw Sulsel Rachmat Ryanto memaparkan percontohan di sektor pertanian dan peternakan dengan membuat cluster.

Ia mencontohkan, upaya yang telah dilakukannya di Kabapaten Bone dan Pinrang soal pengembangan budidaya ikan bandeng.

Rumput laut Gracilaria di Palopo, cabai di Luwu Timur, kopi arabika di Toraja Utara, Udang di Pangkep dan produksi beras di Kabupaten Gowa.

Baca Juga:  Gubernur Sulsel Apresiasi Pelaksanaan PES 2018

Adanya pendampingan dari BI tersebut di harapkan produksi lebih meningkat  minimal 2 kali lipat.

Menurut dia, BI juga akan berupaya meningkatkan literasi keuangan UMKM melalui program pemanfaatan aplikasi pencatatan informasi keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here