Bukukumba (berandatimur.com) – Gempa tektonik kembali mengguncang Kabupaten Bukukumba, Sulsel dengan kekuatan 4,0 SR (Skala Righter) pada Senin (15/10) sekira pukul 18.20.13 wita.

Guncangan sangat terasa hingga Pulau Selayar namun diyakini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Grofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Joharman melalui keterangan tertulisnya, Senin (15/10) malam membenarkan terjadinya kembali gempa sekitar wilayah Kabupaten Bulukumba usai waktu magrib.

Namun hasil analisis BMKG setempat menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan magnitudo 4,0 dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.67 LS dan 120,66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 Km tenggara Bulukumba pada kedalaman 10 km.

Baca Juga:  14 kabupaten di Sulsel tidak capai 70 persen target vaksinasi COVID-19

Joharman menambahkan, ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae.

“Jadi laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi dirasakan di wilayah Pulau Selayar dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II-III MMI),” kata dia.

Namun dia katakan, belum mendapatkan informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Pada intinya, BMKG Wilayah Makassar mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan menunggu informasi selanjutnya.(***)

Editor: M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here