Bupati Nunukan hadiri Mubes I Pemuda Dayak Kaltara

Nunukan (BERANDATIMUR) – Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid didampingi sekretaris Daerah Kab.Nunukan menghadiri Musyawarah Besar (Mubes) ke-1 Tahun 2022 Pemuda Dayak Kalimantan Utara pada Sabtu 30 Juli 2022.
Acara yang berlangsung di Gedung Pesparawi, Jalan Kol.Soetadji, Tanjung Selor, acara ini mengambil tema “Pemuda Dayak Bangkit,Bersatu dan Maju Bersama Membangun Kaltara”.
Tema Bersatu, Bangkit dan Maju ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa bangkit dan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
Gubernur Kaltara H. Zainal A. Paliwang diawal sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Mubes Pemuda Dayak Kalimantan Utara pada hari ini. Gubernur mengatakan dapat melihat atusiasme yang sangat besar pemuda dayak untuk mengembangkan budaya Dayak yang ada di Kalimantan Utara, serta berharap semoga semangat solidaritas janganlah membara hanya sementara, tetapi pertahankan sepenuhnya sampai ke anak cucu nanti.
“Salah satu generasi penerus di provinsi ini dan juga penerus dari apa yang telah diwariskan dari leluhur terdahulu. Seperti yang saya dengar, telah dilaksanakan semalam tradisi makan bersama di meja panjang dan Pawai Akbar Budaya merupakan salah satu budaya yang ada sejak dahulu, dan sangat bangga mengetahui pemuda dayak Kalimantan Utara masih memegang akar budaya dan selalu berusaha untuk melestarikan budaya tersebut”, Ucap Gubernur.
Zainal mengatakan yang menarik buatnya yaitu baju adat dayak seluruh Kalimantan Utara digunakan oleh para Pemuda dayak, takjub budaya dan kesenian tari yang ditunjukkan dari setiap daerah di kalimantan utara.
Di akhir sambutan Gubernur berharap melalui Mubes ini akan dapat terbentuk kepengurusan pemuda dayak yang dapat memberikan dampak positif serta warna bagi keberlangsungan Suku Dayak yang ada di Kalimantan Utara.
Mubes ke-1 yang berlangsung sejak 29 hingga 30 Juli 2022 mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Iapun berharap ini dapat dijadikan momentum bagi Pemuda Dayak dalam mendapatkan masukan dan saran dari tokoh-tokoh adat.
Musyawarah Besar I dihadiri Danrem 092/Maharajalila Brijen TNI Rifki, SE,.MM, Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, SH .,M.Hum, Wakil ketua DPRD kaltara Andi M.Akbar M.Djuarzah , SE.MM, Bupati, Wakil Bupati, Walikota Se-Kaltara, Ketua DPRD Bulungan, Ketua DAD Kaltara, Ketua PDKU Kaltara, Ketua LPADKT, Ketua LAD Bulungan, Ketua LAD Kaltara,
Setelah Sambutan acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong oleh Gubernur Kalimantan utara ,di dampingi para inisiator,Pimpinan daerah,dan tokoh-tokoh adat Dayak. Mubes 1 Pemuda Dayak Kaltara resmi di Buka.(Tim Liputan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here