Calon TKI Diimbau ke Malaysia Lewat Jalur Resmi

Penulis: Anto

Nunukan (berandatimur.com) – Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan, Kaltara mengimbau calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) tujuan Negeri Sabah, Malaysia menggunal jalur resmi yakni memiliki paspor dan kontrak kerja.

Hal ini dikemukakan, Kepala Kantor Imigrasi Nunukan, Ferry Herling Ishak Shout di Nunukan, Kamis (26/7) menanggapi ratusan TKI yang dipulangkan pemerintah Malaysia ke Kabupaten Nunukan pekan ini.

Ia menegaskan, calon TKI perlu memahami aturan pemerintah Indonesia dan Malaysia yang tidak membenarkan warga negara asing (WNA) bekerja tanpa dokumen yang sah.

Baca Juga:  62 TKI Deportasi Dari Sabah Karena Narkoba
TKI ilegal yang diusir Pemerintah Malaysia tiba di Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kamis (26/7). (Foto: Okta)

Akibat tidak memiliki dokumen yang sah diantaranya paspor maka hampir setiap pekan WNI Bermasalah dipulangkan dari Negeri Sabah ke Kabupaten Nunukan dengan jumlah hingga ratusan orang.

WNI yang dipulangkan tersebut dengan berbagai pelanggaran diantaranya bekerja secara ilegal atau masuk menggunakan paspor tetapi telah melewati masa berlaku sehingga dikategorikan “overstay”.

Selain itu, WNI yang dipulangkan itu juga ada yang melakukan pelanggaran kriminal seperti terlibat kasus narkoba dan kriminal.

Sehubungan dengan pemulangan WNI dari Negeri Sabah ke wilayah kerjanya yang berlangsung hampir setiap pekan itu maka Ferry sapaan Kepala Kantor Imigrasi Nunukan mengajak kesadaran bagi calon TKI agar menggunakan paspor apabila hendak ke luar negeri.

Baca Juga:  Terungkap Pada Rakor TIK, Begini Harapan Pemkab Nunukan

“Saya harapkan WNI yang mau ke Malaysia khususnya Sabah agar melalui jalur resmi yakni menggunakan paspor,” ujar dia.

Editor: M Rusman

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here