Calon TKI Kursus Bela Negara Sebelum ke Malaysia

Nunukan (berandatimur.com) – Sebanyak 120 calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan berangkat ke Negeri Sabah, Malaysia diwajibkan kursus bela negara terlebih dahulu.

Kursus bela negara dipandu langsung oleh anggota Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Babinsa Kelurahan Nunukan Timur, Serka Muhsin di Nunukan, Senin (20/8) mengatakan, setiap TKI diharuskan memahami pengetahuan-pengetahuan bela negara sebagai bekal selama bekerja di luar negeri.

Pemahaman ini penting agar TKI tidak lupa akan negara yang menjadi tempat kelahirannya. Tetap cinta Indonesia dan membela negaranya di luar negeri.

Baca Juga:  Zainal-Yansen Ingin Bangun Kaltara Dengan Memberdayakan Sumber Daya Lokal
Tampak calon TKI yang akan bekerja di Negeri Sabah, Malaysia serius menerima materi bela negara dari kepolisian dan TNI AD di Terminal Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Senin (20/8). Foto: Anto

TKI yang dikursus bela negara ini sebagian baru tiba dari Parepare, Sulsel dan sebagian lagi tiba Minggu (19/8) dari NTT menumpang KM Lambelu.

Muhsin menyatakan, TNI AD dan kepolisian bertanggungjawab atas pemberian pengetahuan bela negara kepada calon TKI sehingga setiap pemberangkatan mesti diberikan pemahaman tentang cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan dan lain-lainnya.

Ia mengharapkan, berkat pengetahuan singkat ini bermanfaat dan dapat diimplementasikan selama bekerja di Negeri Sabah.

Tidak terbawa-bawa tradisi negara tempatnya bekerja sehingga pada saat kembali ke kampung halamannya tidak merasa terasing lagi.

Baca Juga:  Kodim 1426 Flotim, Hadirkan Babinsa Ikuti Binter

Tujuan pemberian pengetahuan bela negara ini tidak terlepas dari upaya pemerintah yang menginginkan jiwa patriotik warga negara tetap tertanam dalam dadanya meskipun berada di negara orang lain. (Anto)

Editor: M Rusman

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here