Diam-diam Nunukan Ekspor 63 Ton Rumput Laut ke Korsel

NUNUKAN (berandatimur.com) – Diam-diam Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara melakukan ekspor perdana rumput laut ke Korea Selatan sebanyak 63 ton.

Hal ini diutarakan Asisten Perekonomian Pemkab Nunukan, Robby Nahak Serang di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kamis (17/1) bahwa ekspor rumput laut ini memang langkah perdana dari seluruh permintaan negara tersebut.
Ia menegaskan, sesuai kontrak kerja dengan Korsel tidak membatasi kebutuhan rumput laut dari Kabupaten Nunukan.
Bahkan ke depannya, kata Robby, ekspor disesuaikan dengan kemampuan daerahnya sehingga peluang ini sedapatmungkin dimanfaatkan Pemkab Nunukan dengan sebaik-baiknya.
Sehubungan dengan peluang tersebut, Pemkab Nunukan akan melakukan langkah antisipasi agar stok tidak kurang ketika permintaan Korsel meningkat.
Antisipasi tepat yang bakal dilakukannya adalah mendorong pembudidaya meningkatkan produksi, kualitas dan standar lainnya yang ditentukan Korsel, kata Robby.

Baca Juga:  Disdikbud Nunukan Maksimalkan Belajar Daring Selama Liburan COVID-19
Proses pemuatan kontainer yang berisi rumput laut yang diekspor ke Korsel di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kamis (17/1). Foto: Pemkab Nunukan

“Korsel ini tidak membatasi permintaan rumput laut dari Nunukan. Makanya perlu mengantisipasi agar stok tidak kurang apabila ada permintaan lagi termasuk menjaga kualitas,” sebut Asisten Bidang Perekonomian Pemkab Nunukan ini.
Selain tiga kontainer rumput laut yang diekspor ke Korsel, sebanyak 31 kontainer juga diangkut pada kapal ekspedisi yang sama, rumput laut Kabupaten Nunukan dibeli pengusaha Surabaya.

Robby menambahkan, keberhasilan Pemkab Nunukan mengekspor rumput laut ke Korsel melalui lobi informal saja.

Namun butuh komitmen dan perjuangan keras sehingga diharapkan ekspor ini berkelanjutan, kata dia.

Baca Juga:  Ayo Tukarkan Cepat Uang Kertas Bergambar 4 Pahlawan Ini.
Suasana pengangkutan kontainer berisi rumput laut tujuan Surabaya dan Korsel di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kamis (17/1). Foto: Pemkab Nunukan

Pada kesempatan yang sama, General Manager PT Pelindo IV Cabang Nunukan, Muh Ilyas menyatakan, jumlah ekspor perdana ini tiga kontainer masing-masing berisi 21 ton.
Jadi, totalnya sebanyak 63 ton dimana pengangkatannya dari Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan menuju Surabaya Jawa Timur selanjutnya menuju Busan Korsel.
Jangka waktu perjalanan kata dia, sekira tiga hari ke Surabaya ditambah tiga pekan menuju Busan dimana kontainer ini langsung menuju negara tujuan dalam bentuk mentah.
Menurut Muh Ilyas, ekspor rumput laut tujuan Korsel ini merupakan langkah brilian yang dilakukan Pemkab Nunukan.
Pada intinya PT Pelindo IV Cabang Nunukan senantiasa mendukung langkah Pemkab Nunukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah itu. (***)

Baca Juga:  Pertimbangan Kebutuhan Pangan, Nunukan Belum Berniat Tutup Akses Hingga ASN Harus Izin Bupati

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here