Dijamin sehat, harga sapi kurban Rp18 juta per ekor

Penjualan Hewan Kurban Mulai Marak di Nunukan
Puluhan sapi kurban menyambut lebaran Idul adha 1443 H dengan harga rata-rata Rp18 juta per ekor, Kamis (23/6).

Nunukan (BERANDATIMUR) – Menyambut lebaran Idul Adha 1443 Hijriyah, penjualan hewan kurban (sapi) kini marak dengan harga bervariasi disesuaikan dengan umur, mulai Rp17,5 juta sampai Rp30 juta.

Seperti yang diutarakan Herman, pedagang hewan kurban yang berada di depan Kantor Dinas PUPR Kabupaten Nunukan pada Kamis, 23 Juni 2022. Sebanyak 75 ekor sapi yang disediakan menyambut lebaran haji tahun ini.

Ia menyatakan, sapi yanag dijual berusia antara 3,5-5 tahun dengan kesehatan yang dijamin bebas dari penyakit mulut dan kaki (PMK). Menurut Herman, sapi yang dibeli di Kabupaten Sinjai, Sulsel ini telah melalui pemeriksaan ketat Dinas Kesehatan di daerah itu dan telah lulus karantina sebelum diberangkatkan ke Kabupaten Nunukan.

Baca Juga:  Pasukan Hantu Laut Siap Amankan Ambalat Perbatasan RI-Malaysia

‘Kalau kesehatannya saya jamin karena sebelum saya angkut dari Kabupaten Sinjai sudah diperiksa ketat oleh bagian kesehatan di sana dan sudah dikarantina selama 15 hari sebelum saya bawa ke sini (Nunukan),” ujar dia.

Herman menambahkan, sapi untuk kurban miliknya sangat dirawat agar terbebas dari penyakit yang sedang terjadi sekarang ini (PMK). Harganya pun bervariasi mulai Rp17,5 juta ukuran kecil sampai Rp30 juta. Untuk sapi keturunan dijual seharga Rp30 juta per ekor.

“Rata-rata harganya Rp18 juta per ekor,” ucap dia.

“Ada satu ekor sapi keturunan hasil perkawinan sapi ekspor harganya Rp30 juta. Sebenarnya saya mau bawa beberapa sapi harga Rp40 juta tapi pertimbangan tidak terjangkau oleh pembeli di Kabupaten Nunukan makanya saya batalkan,” beber Herman.

Baca Juga:  Pakar: Anggaran Berbasis RT Terkesan Omong Kosong

Ia mengaku, setiap menjelang lebaran Idul Adha selalu menjual hewan kurban yang dibeli dari kampung halamannya di Kabupaten Sinjai. Namun lebaran kali ini mendatangkan sapi dalam jumlah banyak yakni 75 ekor. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here