Diserang Penyakit Ketinggian, Pendaki Gagal Upacara HUT RI Ke-74 di Puncak Bawakaraeng

Gowa (BERANDATIMUR.COM) – Sekelompok masyarakat berniat merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di puncak Gunung Bawakaraeng Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan namun gagal karena diserang penyakit ketinggian dan hypothermia.

Keinginan sejumlah pendaki ini juga gagal karena mengalami kecelakaan saat melakukan pendakian di gunung tertinggi di Sulsel ini.

Kondisi pendaki ini diketahui melalui Pos Siaga Merah Putih SAR Makassar jalur Lembanna yang menangani korban. Petugas Pos SAR tersebut menyarankan tidak melakukan pendakian ke puncak Gunung Bawakaraeng.

Petugas Pos SAR Lembanna mengevakuasi pendaki yang mengalami kecelakaan dan terserang penyakit di Lembanna Kecamatan Tinggimoncong Gowa, Jumat (16/8).

Sesuai data yang diperoleh dari Pos SAR Lembanna, korban yang ditangani sebanyak enam orang yakni, Muh Syawal (17) mengalani keseleo pada kaki kanan dan Muh Azikin (17) mwngalami muntah dan demam.

Baca Juga:  Membedah rumah warga, Pemilik: Terima kasih pak Dandim 1408/Makassar

Lalu, Muh Fahrul (23) jatuh dan luka pada lutut kaki kiri, Anugrah R (18) perempuan alami sesak nafas di pos 7, Yomil Alfodi (17) terkena demam di pos 5 dan Riski (16) perempuan terkena hypothermia di pos 6, beber Basri, Kasi Operasi Kantor SAR Makassar, Jumat, 16 Agustus 2019.

Sedangkan informasi dari Pos SAR Bone, pendaki yang telah melewati jalur Sinjai menjelang HUT RI ke-74 telah mencapai 504 orang, sebut Koordinator Pos SAR Bone, Andi Sultan melalui sambungan WhatsAppnya.

Ia menanggapi soal pendaki yang menjadi korban di Jalur Lembanna bahwa korban masih dirawat intensif. (*)

Baca Juga:  Bagian Belakang KM Cattleya Penyok Ditabrak KM Prince Soya

Penulis: Ani Hammer
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here