DPO Korupsi dana COVID-19 di Flotim, ditangkap dalam persembunyiannya di Bima, NTB

Penangkapan DPO Kasus Korupsi COVID-19

Larantuka (BERANDATIMUR) – Tersangka kasus tindak pidana korupsi dana COVID-19 tahun anggaran 2020 di Kabupaten Flores Timur, NTT yang ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) oleh Kejaksaan akhirnya ditangkap dalam.persembunyiannya di Kabupaten Bima, NTB.

Tersangka bernama Petronela Letek Toda (PLT), Bendahara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur ditangkap pada di rumah warga di Desa Simpasai, Kecamatan Minta, Bima pada Rabu, 12 Oktober 2022 sekitar pukul 17.30 WITA.

Sebelum melarikan diri, PLT ini tiga kali mangkir dari panggilan penyidik Kejaksaan Negeri Flores Timur hingga akhirnya ditetapkan menjadi DPO.

Baca Juga:  Fransiskus MC kembali jabat Dirut PDAM Flotim, dilantik di lokasi mata air Leto MatanĀ 

Sebenarnya, warga Flores Timur sudah curiga PLT telah meninggalkan Flores Timur sejak ditetapkan menjadi tersangka. Ternyata terbukti, PLT ditangkap di Kabupaten Bima, NTB.

DPO kasus korupsi dana COVID-19 ini ditangkap oleh Tim Resmob Singa Timur Polres Flores Timur.

Kanit Resmob Singa Timur Aipda David Prabowo yang mengantarkan PLT ke Kejaksaan Negeri Flores Timur pada Jumat, 14 Oktober 2022 membenarkan penangkapan seorang DPO bernama Petronela Letek Toda (PLT) di Desa Simpasai, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima.

Kronologis penangkapan tersangka kasus korupsi dana COVID-19 Flores Timur ini berawal dari hasil interogasi rekannya dan langsung dilakukan pelacakan keberadaannya.

Baca Juga:  Kehidupan warga miskin di Beru Sikka memprihatinkan, Kadis Sosisl tergugah

“Setelah keberadaan tersangka terlacak kami menyampaikan kepada bapak Kapolres (Bima) bahwa lokasi dari DPO ini kami temukan. setelah Bapak Kapolres mengkomunikasikan dengan Pak Kejari Senin subuh sekitar jam satu, kami bergerak ke Bajawa,” ujarnya.

Untuk mencegah tersangka PLT kabur kembali, maka Tim Resmob Polres Flores Timur berkoordinasi dengan Tim Resmob Polres Bima untuk mengamankan berangkutan.

“Tiba di Bajawa kami harus menunggu pesawat ke Labuan Bajo dan karena waktunya agak lama dan berpotensi untuk tsk bisa kabur lagi maka kami langsung berkordinasi dengan rekan-rekan Resmob Polres Bima dan yang bersangkutan berhasil diamankan di Kecamatan Monta, Simpasai-Bima dan tidak melakukan perlawanan,” kata Aipda David.

Baca Juga:  Jalan lintas utara yang menghubungkan Sikka-Flotim rusak parah, warga Desa Lewomada minta perhatian pemda

Tim Buser Polres Flores Timur bersama Kejaksaan menjemput DPO PLT di Labuan Bajo pada Kamis, 13 Oktober 2022. (mg01)

Editor: M Rusman 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here