Driver ojek online pertemuan dengan pemerintah daerah untuk mengsosialisssikan Permenhub 118/2018. Foto: Atim

 

Makassar (BERANDATIMUR.COM) РPelaku usaha transportasi online mulai dari driver roda dua hingga roda empat di Kota Daeng Makassar Sulawesi Selatan sepakat mendukung Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kendaraan Sewa.

Bukan hanya itu, driver transportasi online ini pun berupaya menguatkan diri dengan adanya rencana membuat payung hukum untuk menaungi diri dan usahanya dengan badan hukum perseroan terbatas (PT) atau koperasi atau izin usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Rencana ini dibicarakan bersama sejumlah komunitas driver transportasi online yang tergabung dalam Rembuk Nasional Pengemudi Online (RNPO) Cabang Sulsel dan Aliansi Driver Online Individu Makassar komitmen Permenhub 118 telah sesuai kepentingan usaha dan dirinya  terkait izin penyelenggaraan angkutan sewa khusus (ASK).

Baca Juga:  Banker Asal Sulsel Raih Silver Play Button Dari Youtube

Sehubungan sosialisasi Permenhub itu, telah dibahas dalam sebuah rapat yang melibatkan RNPO Sulsel, Aliansi Online Individu Makassar, Balai Pengelola Transpotasi Darat (BPTD) Sulselbar, perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta perwakilan Grab dan Gojek Kota Makassar.

Rapat yang digelar pada Senin, 22 Juli 2019 di Kantor BPTB Sulselbar, pemerintah Kota Makassar berjanji akan mengakomodir driver online untuk mengurus ASK melalui beberapa opsi.

Ada tiga opsi yang ditawarkan yakni, badan hukum Perseroan Terbatas (PT), Koperasi ,dan Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) individu.

Baca Juga:  Aparat Kepolisian Sedang Menyelidiki Peristiwa Ledakan Bom di Makassar

Menanggapi tawaran opsi ini, Ketua Aliansi Driver Online Makassar, Moja mengatakan, driver online lebih memilih untuk mengurus izin ASK melalui UMKM individu ketimbang opsi lain. Mengingat opsi melalui UMKM lebih akomodatif dan meringankan pihaknya.

Pemerintah Kota Makassar mengapresiasi langkah dan sikap yang ditunjukkan driver transportasi online yang telah memiliki kesadaran tinggi mengsosialisasikan Permenhub 118 tersebut.

Senanda disampaikan Ketua RPNO Sulsel, Gandy bahwa, pihaknya akan terus bersinergi dengan pemerintah dan managemen aplikasi transportasi online terkait perizinan ASK untuk driver online area Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Maros. (*)

Baca Juga:  Tersangka pembunuhan pegawai honorer Dishub Makassar terancam hukuman mati

Reporter: Atim
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here