Dua Lokasi Kebakaran Lahan Terjadi di Nunukan Malam Hari

NUNUKAN (berandatimur.com) – Dua lokasi kebakaran lahan terjadi di Desa Binusan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara pada malam hari. Puluhan petugas dari BPBD, polisi, TNI dan Pemadam Kebakaran turun tangan memadamkan api

Kedua lokasi tersebut terjadi di dekat RSUD Nunukan dengan luas hingga mencapai enam hektar, ungkap Hasanuddin dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan melalui Grup Whatsapp, Senin (25/2) malam.

Ia memperkirakan kebakaran berlangsung sebelum pukul 19.30 wita dan berhasil dikendalikan sekira pukul 21.20 wita dengan bantuan dua unit mobil pemadam dan upaya manual dari petugas lainnya.

Baca Juga:  Dua WN Malaysia Eks Napi Narkoba Dideportasi
Petugas bersama warga setempat berusaha memadamkan kebakaran lahan dekat RSUD Nunukan pada Senin (25/2) malam.
Foto: BPBD Nunukan

Penyebab kebakaran lahan ini belum diketahui hingga saat ini. Namun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nunukan telah mendeteksi sejak pukul 14.00 wita.

Pada koordinat 3.99167394638 N dan 117.65312957 E melalui Satelit Terra dengan akurasi 35 persen.

Hasanuddin menyatakan, meskipun api telah berhasil dipadamkan dengan melibatkan puluhan petugas. Tetapi pihaknya masih berjaga-jaga dilokasi kejadian mengantisipasi api kembali menyala.

Keberhasilan pemadaman api di dua lokasi secara bersamaan ini tidak terlepas dari kesigapan petugas dari BPBD, polisi, TNI dan Pemadam Kebakaran setempat.

 

Kebakaran Lahan dekat RSUD Nunukan pada Senin (25/2) malam.
Foto: BPBD Nunukan  

Lahan yang terbakar pada lokasi pertama diperkirakan empat hektar dan lokasi kedua sekira dua hektar.

Baca Juga:  Sepi pengunjung, letak Paras Perbatasan tak strategis, dana ratusan juta rupiah mubazir

Pada posisi koordinat 4″.6.44′.117.37.45.22.9.197 sekira pukul 19.56 wita dan kedua pada posisi koordinat 4″.6.44′.117.37.45.14,1 sekira pukul 19.54 wita.

Lokasi kebakaran merupakan lahan kosong atau jauh dari permukiman penduduk sehingga tidak dikhawatirkan menjalar ke rumah warga. (***)

Editor   : M Rusman

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here