Kepsek dan Kadisdibud Nunukan foto bersama usai menerima piagam penghargaan Adiwiyata dari Pemprov Kaltara, Selasa (18/6).

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Nunukan berhasil meraih penghargaan Adiwiyata dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yakni SMPN 2 Nunukan Selatan dan SMPN 3 Nunukan.

Penghargaan yang diberikan kepada kedua sekolah ini atas konsistensinya dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dalam sekolah masing-masing.

Adiwiyata merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada sekolah di semua tingkatan mulai dari SD, SMP, dan SMA berkaitan kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup sekolah.

Penyerahan penghargaan Adiwiyata dilaksanakan di Gedung Gabungan Dinas Provinsi Kaltara pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, Selasa? 19 Juni 2019.

Baca Juga:  Ketemu Zainal, Emak-emak NTB di Bulungan Berharap Dibekali Keterampilan

Penghargaan Adiwiyata kepada SMPN 2 Nunukan Selatan diterima langsung oleh Kepala Sekolah, Ismail. Begitu pula SMPN 3 Nunukan diterima oleh perwakilan Kepala Sekolah, Rahayu.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Djunaidi yang turut hadir pada penyerahan penghargaan tersebut mengaku bangga dan mengapresiasi keberhasilan kedua sekolah di daerahnya atas kemampuannya melestarikan dan menjaga lingkungan sekolahnya sehingga berhasil meraih penghargaan Adiwiyata.

“Penghargaan Adiwiyata ini adalah buah kerjasama semua yang baik dari  semua warga sekolah dalam menjaga kebersihan dan merawat lingkungannya. Tidak hanya guru dan kepala sekolah, tetapi juga karena peran para siswa, para orang tua siswa, dan warga sekolah yang lain, termasuk para pengelola kantin yang menjaga agar tetap asri dan rindang,” kata Djunaidi.

Baca Juga:  Kejari Nunukan Selidiki Dugaan Korupsi Dana Desa di Sebatik

Selain dua sekolah tersebut, beberapa sekolah di Kabupaten Nunukan juga pernah meraih penghargaan serupa dalam beberapa tahun terakhir, diantaranya adalah SD 004 Nunukan dan SD 002 Nunukan, dan beberapa sekolah lainnya di Kecamatan Sebatik. (*)

Penulis: Taufik
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here