Dukung Sektor Pariwisata, Pj Bupati Flotim Bagi-Bagi Perahu Ketinting  

Pj Bupati Flotim Bagi-Bagi Perahu Ketinting Kepada Pengelola Sektor Patiwisata
Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi menyerahkan bantuan perahu Ketinting kepada salah seorang pengelola pariwisata, Senin (21/11)

Larantuka (BERANDATIMUR) – Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, menyerahkan bantuan perahu ketinting (long board) kepada para pengelola obyek wisata air bertempat di obyek wisata Waiplatin, Desa Mokantarak, Kecamatan Larantuka.

Perahu ketinting ini merupakan program pengadaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur tahun anggaran 2021.

Perahu berukuran panjang sembilan meter dengan lebar 1,50 meter ini memiliki kecepatan jelajah 5-7 knot dan mesin penggerak diesel maksimal 24 HP.

Perahu yang dibagikan kepada pengelola obyek wisata air ini dilengkapi dengan fasilitas keamanan dan kenyamanan bagi penumpang seperti jaket pelampung, pemadam kebakaran dan lain-lain.

Doris Rihi dalam sambutannya mengatakan, bantuan perahu ini sebagai bentuk perhatian dari Pemkab Flores Timur terhadap usaha pariwisata air.

Baca Juga:  Hari Pers Nasional 2022, Wakapolres Flotim ajak wartawan bersinergi Polri 

“Tanggungjawab sudah diberikan, perahu itu merupakan aset daerah dan dipergunakan dalam rangka menunjang kegiatan wisata di destinasi pariwisata dan dilakukan secara kerja sama,” ucap dia.

Pj Bupati Flores Timur ini meminta agar kerja sama yang disepakati benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Khususnya dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

“Dengan keberadaan perahu ketinting ini diharapkan dapat berdampak secara ekonomi kepada para pengelola wisata air yang ada di Flores Timur,” pinta dia.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, Emanuel Lamuri menyebutkan menjadi awal yang bagi pengelola pariwisata di daerahnya.

Baca Juga:  Meningkat kinerja kerja, Satpol PP Flotim gelar latihan FMD

“Perahu ketinting ini sudah berada di Flores Timur sejak beberapa bulan yang lalu namun belum bisa dibagikan karena masih memastikan regulasi yang ada berkaitan dengan penyerahan bantuan dimaksud,” ujar Emanuel.

“Tentu saja, saya berharap perahu ketinting ini dapat digunakan dengan baik,” tambahnya.

“Bapak Camat, kepala desa dan lurah, saya berharap dapat melakukan kontrol, pembinaan dan pengawasan untuk pemberdayaan dan keselamatan perahu ketinting ini,” tandas dia.

Adapun penerima bantuan perahu ketinting adalah Maria Chistina Sinta Tukan dari Biro Perjalanan Wisata PT Ile Mandiri, Yohanes Ekaputra Lamuri selaku Lurah Balela yang mewakili Karang Taruna Kelurahan Balela,

Petrus Baga Maran selaku Kepala Desa Mokantarak mewakili Karang Taruna Desa Mokantarak, Hironimus Raga Aran selaku Kepala Desa Waibao yang mewakili pengelola obyek wisata Danau Asmara Kecamatan Tanjung Bunga, Dan Syamsudin Samon Deran selaku Kepala Desa Pledo Kecamatan Witihama mewakili pengelola wisata Pulau Mekko. (*)

Baca Juga:  Memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Wartawan Flotim Berbagi

Reporter: Yakobus Elton Nggiri
Editor: M Rusman  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here