Diduga ada kongkalikong, Sekretariat DPRD tak konsisten pada ucapan

Daftar Media yang dapat pembayaran di Diskominfotik Nunukan
Foto: Doc BERANDATIMUR

Nunukan (BERANDATIMUR) – Sejumlah media tak berbadan hukum dalam bentuk perusahaan perseroan komanditer (CV) mendapatkan kontrak kerja sama di DPRD Nunukan, Kaltara. Sekretariat DPRD Nunukan tidak konsisten pada ucapannya.

Ketiga media online yang tak berbadan hukum adalah infoterkini.com (CV Berkah Selalu), portalkaltara.com (CV Instara Media) dan kabarnunukan.com (CV Hendi Mulia Barokah).

Data yang diperoleh, sebanyak 21 media yang mendapatkan pembayaran menggunakan dana APBD 2021.

Kasubag Persidangan dan Publikasi Sekwan Nunukan Herwin melalui telepon seluler, Rabu, 30 Juni 2021 membenarkan media tak berbadan hukum dibayar menggunakan APBD adalah sebuah pelanggaran.

Baca Juga:  Harga Rumput Laut Anjlok, Pengusaha: Bukan Kesalahan Bupati Nunukan

Namun Herwin beralasan, ketiga media tersebut berjanji akan melengkapi dokumen perusahaannya dalam bentuk PT.

Hanya saja pernyataan berbeda dengan penyampaian kepada beberapa media yang belum berbadan hukum lain. Dimana Sekretariat DPRD Nunukan menolak membayar berita publikasi dengan alasan tidak berbadan hukum.

Pada saat mengajukan penawaran kontrak kerja sama, Herwin mengungkapkan bahwa atasannya (Sekwan Agustinus Palentek) telah menginstruksikan agar media belum berbadan hukum agar tidak dibayar.

Tetapi fakta sesuai dengan data yang beredar di media sosial, ada tiga media yang telah dibayar tanpa dokumen perusahaan yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers pada Bab IV Pasal 9.

Baca Juga:  Gugatan Paslon Damai Ditolak MK, KPU Nunukan Tetapkan Pemenang Pilkada Pada 20 Februari

Herwin juga mengakui, pembayaran kontrak kerja sama kepada media online tak berbadan hukum tersebut berdasarkan kelonggaran yang diberikan. Sebab bersedia melengkapi dokumen perusahaannya.

Hanya saja, ada sejumlah media yang belum berbadan hukum yang tidak dibayar sama sekali.

Ini menunjukkan DPRD Nunukan melalui Sekretariat Dewan tidak konsisten dengan aturan yang dibuatnya sendiri, sehingga diduga kuat ada kongkalikong dengan media tertentu. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here