Flores Timur resmi luncurkan penggunaan KTP digital

Flores Timur Luncurkan Penggunaan KTP Digital

Larantuka (BERANDATIMUR) –  Pemerintah Kabupaten Flores Timur, NTT melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) secara resmi meluncurkan pemanfaatan kartu yanda penduduk (KTP) digital.

Kegiatan dengan agenda sosialisasi kebijakan penyelengaraan administrasi kependudukan dan peluncuran pemanfaatan KTP digital tersebut bertempat di Hotel Sunrise, Kelurahan Weri, Kecamatan Larantuka, Flotim, Rabu 26 Oktober 2022.

Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi dalam sambutannya menekankan, bahwa data dan dokumen administrasi kependudukan sangat penting dan bermanfaat bagi pelayanan Pemerintah kepada masyarakat.

“Kegiatan ini luar biasa karena ini sangat penting dan bermanfaat bagi pelayanan pemerintah dan kemasyarakatan,” kata dia saat membuka acara sosialisasi tersebut.

Menurut Doris Rihi, data dan dokumen kependudukan juga sangat di butuhkan untuk kepentingan penyelenggaraan Pemilu.

Baca Juga:  Lukman Riberu mulai tur politik menjelang pilkada Flotim 2024

Oleh karena itu, semua harus berperan aktif, mulai dari camat, desa/kelurahan, dinas dan instansi lainnya. “Data yang valid akan sangat bermanfaat bagi pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan di Flotim,” ujar Pj Bupati Flotim.

Usai memberikan sambutan Pj Bupati Flotim secar resmi meluncurkan pemanfaatan KTP digital yang ditandai dengan menekan tombol sirene sekaligus menyerahkan secara simbolis kartu identitas anak (KIA) dan penyerahan akta kematian kepada masing-masing perwakilan.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Flores Timur Marianus Nobo Waton menjelaskan kepada awak media bahwa KTP Digital merupakan sebuah inovasi penyelenggaraan layanan kependudukan.

“Kartu tanda penduduk digital merupakan pemindahan KTP-el yang saat ini digunakan oleh penduduk Indonesia ke dalam handphone baik itu berupa foto, ataupun QR Code,” ujar dia.

Baca Juga:  Teken MoU dengan BPOM, Bupati Flotim: Jangan salah memilih produk obat dan makanan

KTP digital ini adalah suatu Inovasi baru untuk mempermudah dan membantu penduduk dalam memiliki dan memanfaatkan dokumen kependudukan khususnya KTP elektronik.

“KTP Digital bisa diakses melalui handphone, di aplikasi khusus yang disediakan oleh Dukcapil, sehingga mempermudah masyarakat untuk mengakses data pribadinya dan dapat menjawab dan mengkompensasi penduduk wajib KTP elektronik karena kekurangan blanko,” jelas Marianus Nobo Waton

Selain itu, dia Juga menjelaskan penerbitan KTP-e perlu dicetak oleh Dinas Dukcapil setelah diajukan oleh penduduk dan merekam identitas dirinya.

Sementara KTP digital, jelas Marianus, tidak perlu dicetak, karena sudah terdapat di handphone masing-masing penduduk. Namun tentunya penduduk harus merekam identitas dirinya terlebih dahulu.

Kemudian perbedaan dari aspek kemudahan, KTP eletronik masih harus difotokopi apabila dibutuhkan sedangkan KTP digital tidak perlu lagi diduplikasikan sehingga lebih nyaman digunakan.

Baca Juga:  Polres Flotim gelar Operasi Patuh Turangga dengan sistem hunting

KTP digital ini, tidak hanya memberi cara dan pengalaman terbaik untuk memiliki dan memanfaatkan identitas keoendudukan. Tetapi pada sisi lain, KTP digital memiliki keandalan dalam keamanan data pribadi.

“Diharapkan para pemilik KTP elektronik di Kabupaten Flotim dapat memanfaatkan KTP digital ini,” tutupnya. (mg01)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here