Makassar (berandatimur.com) – Pelaksanaan Pekan Ekonomi Syariah (PES) 2018 yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulsel diapresiasi oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang membuka acara itu di Mall Ratu Indah (MaRI) Makassar, Jumat (14/9).

    Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Indonesia dengan penduduk mayoritas muslim sangat patut mengedepankan pengembangan ekonomi syariah sebagaimana kebijakan BI dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar Amerika Serikat.

    Ia menambahkan, PES 2018 ini sangat mengedukasi masyarakat agar berminat melakoni usaha ekonomi bersyariah sebagai bagian dari langkah pemerintah melalui BI menjaga stabilitas perekonomian masyarakat.

    Nurdin Abdullah menambahkan, PES 2018 ini merupakan momentum memperkenalkan dan mempromisikan produk yang berlabel halal atau “halal food”.

Menurut Gubernur Sulsel yang baru dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara ini, potensi ekonomi syariah di Sulsel cukup besar.

    Ia berharap, seluruh stakeholder harus bergerak bersama dalam memerangi kemiskinan dan pengangguran melalui penciptaan lapangan pekerjaan dengan memperbanyak UMKM.

    Sedangkan Kepala BI Perwakilan Sulsel, Bambang Kusmiarso pada kesempatan yang sama lebih menekankan pada pengembangan pariwisata berbasis syariah karena daerah itu masuk top 10 destinasi pariwisata muslim.

     Bambang mengungkapkan, Indonesia sebagai salah negara terbesar di dunia yang telah berkiprah pada industri halal dan pasar produk busana muslim sudah sewajarnya bertindak selaku produsen.

    Hanya saja, Indonesia belum mampu memerankan hal tersebut sehingga sepatutnya mulai berbenah diri melalui pengembangan pariwisata syariah (Islami).

    “Sektor pariwisata Islami di Indonesia belum terjamah dengan maksimal maka sewajarnya mulai berbenah diri sekarang ini,” harap Bambang.

    Pekan Ekonomi Syariah 2018 berlangsung 14-16 September 2018 dengan teman “Optimalisasi  Potensi Ekonomi dan Wisata Berbasis Syariah untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif”. (***)

Editor: M Rusman

Baca Juga:  Bukber Dengan Insan Pers, BI Sulsel Ucapkan Terima Kasih

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here