Hindari perpecahan, PSSI putuskan percepat Kongres Luar Biasa (KLB), Iriawan janji segera menyurat ke FIFA

Jakarta (BERANDATIMUR) – Federasi sepak bola Indonesia Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, setelah menggelar rapat Exco di Kantor PSSI, Jakarta, pada Jumat 28 Oktober 2022.

“Memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi,” kata Mochamad Iriawan dalam video youtube PSSI.

Mochamad Iriawan menjelaskan, KLB dapat dilaksanakan apabila sekurang-kurangnya 2/3 delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

Baca Juga:  Kabar buruk menerpa Tim Persebata jelang ETMC XXXI, pelatih mengundurkan diri

Sesuai statuta PSSI yang tertuang dalam Pasal 34 ayat 2. Oleh karena itu, PSSI akan melakukan tahapan verifikasi dan KLB bisa digelar dalam jangku waktu selambat-lambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi.

Namun, PSSI memutuskan untuk mempercepat KLB setelah mendapat surat dari dua anggotanya yaitu Persis dan Persebaya.

“Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI,” ujar Iriawan.

Baca Juga:  Kemenkumham Tolak Sahkan Kepengurusan Demokrat KLB

Tahapan KLB pun akan dimulai dengan mengirimkan surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres.

“Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2022,” kata Iriawan.

“Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan. Kiranya dapat membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di tanah air,” ujarnya. (*)

Baca Juga:  Peroleh Suara Terbanyak, Indonesia Terpilih Anggota Dewan HAM PBB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here