Hujan Deras, Sholat Id di Herlang Dua Sesi

Herlang (BERANDATIMUR.COM) РHujan deras yang mengguyur Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan pada pagi hari menyebabkan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1440 Hijriyah dijadikan dua sesi.

Hujan deras mulai mengguyur sejak malam hari sehingga sholat Id digelar di masjid-masjid terdekat.

Mamming, warga Kelurahan Tanuntung Kecamatan Herlang, Rabu, 5 Juni 2019 M/1440 H menuturkan, sholat Id pada sesi kedua di Masjid Jami akibat hujan deras di daerah itu.

Jamaah sholat Id di Masjid Jami Tanuntung Kecamatan Herlang Bulukumba. Pelaksanaan sholat Id dijadikan dua sesi karena hujan deras yang mengguyur daerah itu, Rabu (5/6)

Hujan deras tersebut yang menyebabkan pelaksanaan sholat Id dijadikan dua sesi karena jamaah yang hadir melebihi kapasitas masjid.

Baca Juga:  Pemilik bengkel di Toddopuli, Makassar sulap Vespa jadi motor balap

Pelaksanaan sholat Id terpaksa dipercepat untuk sesi pertama mulai pukul 06.40 wita dan sesi kedua pada pukul 07.00 wita.

Namun khotbah tetap disatukan bersamaan dengan hujan mulai reda.

Pada sesi pertama sholat Id, puluhan warga terpaksa pulang karena terlambat tiba di masjid tersebut. Seperti Andi Bitte, warga Dusun Saukeng menyatakan, tidak sempat menunaikan sholat Id karena terlambat tiba di masjid itu.

“Saya pulang karena terlambat. Sdh masuk rakaat kedua. Ini gara-gara hujan jadi sholat Id dipercepat,” ujar dia bersama warga lainnya yang ikut pulang bersamanya.

Baca Juga:  Hujan Deras di Malaysia, Lumbis Hulu Terendam Banjir

Ia pulang karena tidak tahu ada sholat Id sesi kedua. Sementara baru saja tiba di rumahnya di Lorong Tana Eja Desa Singa mendengar pengumuman digelar sholat Id sesi kedua.

Sejumlah warga pun bergegas menuju Masjid Jami Tanuntung namun lagi-lagi masih sial sebab tidak sempat menunaikan sholat akhir Ramadhan ini.

Terpaksa, puluhan warga yang terlanjur hendak menunaikan sholat Id hanya mendengarkan khotbah semata.

Rencana awal, lokasi pelaksanaan Sholat Id digelar hingga halaman masjid sebagaimana yang dilakukan warga setempat pada tahun sebelummya.

Hanya saja, musim hujan yang melanda Kecamatan Herlang sejak sepekan akhir Ramadhan 1440 H sehingga panitia sholat Id pun khawatir.

Baca Juga:  Parepare Jalur Utama Arus Mudik Lebaran, Sejumlah Ruas Jalan Dibenahi

Sejumlah warga pun menilai pelaksanaan sholat Id tahun ini paling kacau. Puluhan warga terpaksa bolak balik masjid dan rumahnya. (***)

Editor: M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here