NUNUKAN (berandatimur.com) – Pada peluncuran penerbangan perdana pesawat Wing Air, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie menyatakan, ASN yang tidak mampu bekerja baik dipecat saja.

Ia menilai, ASN bekerja buruk tidak dibutuhkan lagi pada era sekarang mengingat pola pikir lama tidak berlaku lagi untuk mengejar kemajuan pembangunan.

“ASN yang tidak mampu bekerja baik sebagai pelayan masyarakat supaya dipecat saja,” ujar Gubernur Kaltara yang terkesan diperintahkan kepada Bupati Nunukan, Asmin Laura yang hadir pada acara tersebut, Kamis (20/12).

Provinsi Kalimantan Utara yang baru terbentuk membutuhkan ASN yang berprilaku baik, visioner dan inovatif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Baca Juga:  Sosialisasi QRIS di Nunukan, Laura minta jangkauannya diperluas

Ia menyatakan, ASN adalah abdi negara dan abdi maayarakat tentunya bertindak sebagai pelayan dan bukan lagi berlagak penguasa.

Penegasan Gubernur Kaltara ini disambut senyum oleh Bupati Nunukan, merupakan “warning” bagi ASN yang tidak mampu mengikuti irama zaman untuk memperbaiki kinerjanya.

Irianto Lambrie meminta ASN harus berlari cepat dalam menjalankan tugas dan fungsinya demi mengejar ketertinggalan daerahnya agar maju seperti daerah lain.

Ia mengajak, ASN perlu mengubah pola pikir “kolot” menjadi kekinian dengan mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat.

“ASN harus mengutamakan pelayanan kepada masyarakat dan bukan lagi dilayani bak penguasa,” ujar dia.

Baca Juga:  Kronologis Penemuan Puluhan Ton Gula Pasir Malaysia Oleh Prajurit Pamtas

ASN di daerahnya yang masih mengedepankan pola pikir lama sudah selayaknya dibuang dengan menggantinya dengan tenaga baru.

Menurut dia, keterbukaan informasi yang menyebabkan seluruh aspek kehidupan mengalami perubahan cepat maka ASN perlu menyesuaikan diri dengan menghilangkan tradisi lama.

“Provinsi Kaltara sebagai daerah baru terbentuk membutuhkan ASN yang melayani masyarakat bukan zamannya lagi dilayani oleh masyarakat, ” beber Irianto.

Pola pikir lama dinilai dapat menghambat pembangunan dan berdampak pada sistim pemerintahan di Provinsi Kaltara.

“Kita inginkan Kaltara sebagai daerah baru terbentuk bisa berlari mengejar kemajuan pembangunan,” harap dia. (***)

Baca Juga:  Laura Ajak Perusahaan Bantu Sektor Pendidikan di Perbatasan

 

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here