Jokowi ke Ukraina, Pengamat Intelijen: Lebih berani dari Presiden Amerika

Presiden Jokowi Kunjungan ke Ukrainan dan rusia
Kolase Presiden Jokowi (tengah), Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.
Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Jerman untuk menghadiri KTT G7 pada Minggu 26 Juni 2022. Setelah itu, bertolak ketiga negara lainnya yaitu Ukraina, Rusia dan Uni Emirat Arab.
Direktur The Indonesia Intelligence Institute Ridlwan Habib menilai langkah yang dilakukan Presiden Jokowi mengunjungi Rusia dan Ukraina, lebih berani dari Joe Biden, Presiden Amerika Serikat.
Pengamat intelijen UI itu menambahkan langkah Jokowi sangat strategis di tengah ketidakpastian global hingga publik pun memujinya sebagai tindakan yang berani.
Menurut Rildwan, langkah Jokowi menemui kedua pemimpin negara yang sedang bertikai itu benar-benar ditunggu publik dunia. Karena dunia sedang terancam krisis energi dan pangan akibat perang Ukraina dan Rusia tersebut.
Meski demikian, alumni S2 Kajian Intelijen UI ini mengingatkan agar faktor keamanan benar-benar dihitung dengan matang.
Ia mengingatkan ada tiga risiko keamanan yang harus diwaspadai Paspampres dan komunitas Intelijen Indonesia yang bertugas saat kunjungan Presiden Jokowi.
Ancaman pertama adalah risiko colateral war atau dampak tak disengaja saat kunjungan. Karena Kyiv masih menjadi sasaran Rusia, bukan tidak mungkin pada saat kunjungan Jokowi bersamaan dengan serangan pesawat tempur atau rudal jarak jauh.
Kedua, ancaman yang datang dari pihak -pihak gelap yang tidak ingin kunjungan tersebut berhasil. Sebab, jika kunjungan ini berhasil maka Jokowi dianggap mempermalukannya.
Ketiga, ancaman saat kunjungan ke Moskwa, Rusia. Pemerintah Rusia harus benar-benar menjamin keamanan Jokowi dari pihak-pihak anti Rusia yang tidak ingin hubungannya dengan Indonesia berjalan baik.
Ridlwan meyakini tim pengamanan gabungan yang terdiri dari Direktorat B Bais, Direktorat 1 Luar Negeri BIN, Paspampres dan berbagai dukungan tim lainnya mampu membuat kunjungan bersejarah Jokowi berjalan lancar. (***)
Sumber: Tribunnews
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here