Kalahkan Inggris lewat adu finalty, Italia juara Eropa 2020

Italia Juara Euro 2020
Foto: Doc Bola Sport

London (BERANDATIMUR) – Laga final Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Wembley, Inggris pada Senin, 12 Juli 2021 dini hari sekira pukul 03.00 Wita, Italia sukses keluar menjadi juara setelah mengalahkan Inggris lewat adu finalty dengan skor 3-2.

Setelah sebelumnya, pada pertandingan waktu normal, kedua tim ini mengoleksi skor 1-1 hingga dilanjutkan 2×15 tambahan waktu.

Dikutip dari Bola Sport pada Senin, 12 Juli 2021 siang, gol Inggris dicetak oleh Luke Shaw di babak pertama dan Gli Azzuri (Italia) mengimbanginya lewat Leonardo Bonucci pada menir ke-67.

Selama berlangsungnya pertandingan, Inggris mendapat gol cepat di menit kedua. Umpan silang Kieran Trippier berhasil disambar Luke Shaw yang mengarahkan bola ke tiang dekat.

Italia mencoba memberi perlawanan selepas tertinggal 0-1. Tendangan bebas Lorenzo Insigne, yang arah bolanya masih melambung sedikit di atas gawang Inggris.

Inggris tak main bertahan setelah mendapat keunggulan. Tim besutan Gareth Southgate justru menyulitkan Gli Azzurri dengan permainan cepat di sisi lapangan.

Pada laga 20 menit awal, Italia masih kesulitan masuk ke kotak penalti Inggris. Permainan bola-bola panjang Azzurri kerap mentok di sepertiga akhir pertahanan lawan.

Insigne melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti di menit ke-27. Upaya dari winger Italia itu masih belum menemui sasaran.

Inggris bermain jauh lebih tenang. Mason Mount dkk. tidak gegabah saat dalam penguasaan bola.

Baca Juga:  Peserta "Body Contest" Asal Malaysia Batal Pamerkan Otot

Pada menit ke-34 babak pertama, Federico Chiesa melakukan solo run dari tengah lapangan. Dia mampu melewati beberapa pemain Inggris untuk kemudian melepaskan tembakan di depan kotak penalti, tapi bola masih melebar dari target.

Inggris gantian mengancam di menit ke-36. Shaw melepaskan umpan silang mendatar ke depan gawang Italia, namun bola berhasil disapu Emerson Palmieri.

Begitu juga dgn Italia, melepaskan tembakan ke gawang pada menit ke-45 lewat kaki Marco Verratti. Tetapi Jordan Pickford penjaga gawang Inggris masih mampu menangkap bola dengan mudah. Tak ada gol tambahan hingga turun minum.

Menit-menit awal babak kedua, Inggris mengancam lewat Raheem Sterling. Striker milik Manchester City itu kemudian jatuh di kotak penalti, tapi wasit tak menganggap ada sebuah pelanggaran.

Giliran Italia mendapat peluang pada menit ke-50 lewat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Inggris. Bola yang dieksekusi Insigne masih sedikit melebar dari target.

Roberto Mancini membuat perubahan pemain dengan menarik keluar Nicolo Barella dan Ciro Immobile pada menit ke-55. Digantikan oleh Bryan Cristante dan Domenico Berardi.

Perubahan ini membuat Chiesa berpindah ke posisi kiri dan nyaris berbuah gol di menit ke-57. Bola tembakan Chiesa memantul ke Insigne, yang dari jarak dekat melepaskan tembakan namun masih bisa ditepis Jordan Pickford.

Baca Juga:  Jalan menuju final EURO 2020, Prediksi Mourinho tepat

Chiesa nyaris merobek gawang Inggris di menit ke-62. Tembakannya dari dalam kotak penalti berhasil ditepis Pickford.

Namun akhirnya, Italia memecah kebuntuan dengan menyamakan skor pada menit ke-67. Diawali sebuah kemelut di kotak penalti Inggris, Leonardo Bonucci sukses melesakkan si kulit bundar dari tendangan sepak pojok.

Setelah berhasil menyamakan skor, Gli Azzurri bermain semakin ngotot. Beberapa aksi individu yang sempat membahayakan gawang Inggris.

Di tengah serangan bertubi-tubi yang digencarkan Italia, Chiesa yang bermain apik sejak menit awal akhirnya ditarik keluar pada menit ke-86 karena mengalami cedera dan digantikan oleh Federico Bernardeschi.

Tak ada gol tambahan hingga laga 90 menit tuntas. Italia vs Inggris pun lanjut ke tambahan 2×15 menit.

Babak pertama tambahan waktu berjalan sengit. Italia dan Inggris saling bergantian melancarkan serangan, namun tak ada yang mampu mencetak gol dalam 15 menit awal.

Kedua tim juga tidak mampu mencetak gol selama babak kedua tambahan waktu. Demi mencari pemenang di laga Italia vs Inggris pun harus ditentukan lewat adu penalti.

  • Babak Adu Finalty

Italia mendapat kesempatan pertama menendang bola dan sukses memasukkan. Pemain Inggris Harry Kane selaku eksekutor perdana berhasil menyamakan skor 1-1.

Italia Juara Euro 2020

Andrea Belotti maju sebagai penendang kedua dari Italia, namun sepakannya berhasil ditepis Pickford, gawang Inggris. Kemudian Inggris berbalik unggul 2-1 lewat eksekusi Harry Maguire.

Baca Juga:  Memprihatinkan! Menumpang nginap dan tanpa pakaian seragam, atlet taekwondo Flotim raih 5 medali di Popda NTT

Bonucci menjadi penendang ketiga Italia dan menyamakan skor menjadi 2-2. Penendang ketiga Inggris, Marcus Rashford gagal membawa timnya unggul. Tim Italia pun berbalik unggul 3-2 lewat tendangan Bernardeschi.

Eksekutor keempat Inggris, Jadon Sancho pun gagal mencetak gol atau menyamakan kedudukan. Penendang keempat Italia Jorginho pun gagal mencetak gol.

Selanjutnya, Inggris kembali gagal memasukkan bola oleh penendang berikutnya yakni Bukayo Saka karena ditepis sukses Gianluigi Donnarumma.

Skor akhir bertahan pada posisi 3-2 sehingga Gli Azzurri (Italia) keluar sebagai juara Euro 2020.

Susunan Pemain:

Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratt; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Inggris: Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Kieran Trippier, Declan Rice, Kelvin Phillips, Luke Shaw, Mason Mount, Harry Kane, Raheem Sterling

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here