Kalahkan Persija di Mattoanging, PSM Juara Piala Indonesia

Makassar (BERANDATIMUR.COM) – Setelah 12 tahun menunggu, PSM Makassar keluar sebagai juara Piala Indonesia 2019 setelah mengalahkan Persija Jakarta pada leg kedua final Piala Indonesia di Stadion Mattoanging Makassar Sulawesi Selatan dengan skor 2-0. Pada leg pertama di Stadion GBK Persija unggul 1-0 sehingga PSM menang agregat 2-1.

Pertandingan yang menegangkan ini setelah sebelumnya sempat ditunda karena Persija menolak bermain, laga kedua tim terbaik di Indonesia ini kembali dihelat sejak pukul 16.30 wita. Selama pertandingan berlangsung 100 menit ini wasit Fatiq Hitba yang pimpin laga ini harus mengeluarkan 10 kartu kuning.

Jalannya pertandingan leg kedua 

PSM sukses melesatkan gol ke gawang Persija Jakarta pada menit ketiga berkat sundulan Aaron Evan ke sisi kanan kiper Andritany memanfaatkan sepakan pojok Wiljan Pluim.

Baca Juga:  PPMI DK Makassar gelar aksi solidaritas pembreidelan LPM Lintas IAIN Ambon

Keunggulan PSM Makassar pada menit-menit awal laga membuat para pemain semakin gencar melakukan serangan melalui kedua sayap.

Namun pada pada babak pertama usai hanya satu gol yang tercipta meskipum Persija telah kehilangan satu pemain yaitu Sandi Sute setelah mendapatkan kartu kuning kedua karena mengganjal laju Wiljan Pluim pada menit ke-32.

Hingga babak pertama usai skor 1-0 bagi PSM yang dikenal ayam jantan dari Timur, tim kesebelasan sepakbola Sulsel ini.

Persija Jakarta selalu berusaha melepaskan diri dari kawalan pemain PSM agar mampu menyamakan kedudukan. Namun ketat lini tengah PSM Makassar dan disiplinnya pertahanan sehingga Persija tidak mempu menjebol gawang Rizky Mokodompit.

Serangan demi serangan dibangun kedua tim akhirnya PSM menambah keunggulan peda menit ke-50 babak kedua melalui sundulan Zulham Zamrun sepakan umpan dari Aaron Evans dari tengah lapangan hijau Stadion Mattoanging.

Baca Juga:  Warga Banta-Bantaeng Makassar digegerkan mayat membusuk dalam rumah

Gol kedua ini dirayakan dengan penuh ekspresi oleh Zulham Zamrun dan pemain PSM Makassar lainnya di belakang gawang Persija.

Gol kedua yang mengantarkan PSM menjuarai Piala Indonesia ini, sempat diantisipasi oleh kiper Andritany namun lepas masuk ke arah gawang Persija Jakarta.

Tertinggal dua gol membuat Persija kian berupaya membalas dengan sejumlah serangan memanfaatkan kondisi dimana PSM menurunkan tempo permainan.

Hanya saja, serangan yang dibangun Persija Jakarta belum mampu menembus pertahanan tangguh PSM Makassar yang dikawal Aaron Evans, M Rahman Sulaeman, Asnawi Mangkualam Bahar dan Benny Wahyudi.

Persija Jakarta yang dibesut Julio Banuelos ini semakin frustasi pada menit-menit akhir babak kedua.

Baca Juga:  PKS Sulsel mulai pasang kuda-kuda, menyambut pemilu 2024

Menjelang injuri time puluhan ribu penonton baik yang berada dalam maupun luar stadion mulai bersorak sorai tak tahan  ingin merayakan kemenangan tim kebanggaannya.

Pasca wasit meniup pluit tanda pertandingan babak kedua berakhir pemain PSM berlarian kegirangan dalam lapangan seraya berpelukan satu sama lain.

Babak pertama mendapatkan tambahan waktu lima menit begitu juga babak kedua dengan tambahan waktu yang sama. (*)

Reporter: Atim
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here