319 Jamaah Haji Nunukan Tiba Disambut Musik Rebana

Penyambutan Jamaah Haji
Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid saat menyambut jamaah haji yang baru tiba dari Tanah Suci Mekah di Aula Pelabuhan Liem Hie Djung, Selasa (17/9)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Sebanyak 319 jamaah haji Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara tiba dengan disambut alunan musik rebana di Dermaga Pelabuhan Liem Hie Djung Kelurahan Nunukan Barat.

Kedatangannya secara bertahap, pertama menggunakan dua unit kapal cepat sekira pukul 10.50 wita dan satu unit lagi tiba sekira pukul 12.27 wita.

Informasi yang dihimpun, satu kapal cepat yang lambat tiba karena mengalami kerusakan mesin.

Jamaah haji tersebut tiba dengan menempuh perjalanan sekira dua jam 30 menit dari Pelabuhan Tengkayu Kota Tarakan.

Pantauan di Pelabuhan Liem Hie Djung ribuan sanak keluarga masing-masing menunggu di pintu masuk pelabuhan.

Aparat kepolisian dan Satpol PP menjaga ketat pintu masuk tersebut karena penjemput berdesak-desakan hendak masuk area pelabuhan.

Baca Juga:  Warga Nunukan Perlu Tahu, Tim Pemenangan Amanah Berbeda Tim Cagub-Cawagub ZIYAP

Puluhan kendaraan roda empat pun yang telah dihias berjejer di tepi jalan untuk jamaah haji yang baru menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah tersebut.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Muhammad Tahir di Pelabuhan Liem Hie Djung, Selasa mengutarakan, kedatangan 319 jamaah haji telat satu hari akibat penerbangan dari Bandara Sepinggan Balikpapan terhalang kabut asap.

Sebenarnya, jamaah haji Kabupaten Nunukan telah tiba di rumahnya sejak Senin (16/9). Namun terhalang kabut asap saat pesawat yang ditumpangi hendak mendarat di Bandara Juwata Tarakan.

Setelah berkoordinasi dengan instansi terkait soal bahaya kabut asap, akhirnya pada Senin (16/9) sore sekira pukul 17.30 wita ratusan jamaah haji ini diterbangkan kembali ke Kota Tarakan.

Baca Juga:  Harga cabai rawit di Nunukan bakal tembus Rp120.000/kg, pedagang: minggu depan naik lagi

Tiba di Bandara Juwata Tarakan sekira pukul 18.30 wita sehingga diinapkan di Masjid Islamic Center Tarakan.

Selanjutnya, Selasa (17/9) sekira pukul 08.00 wita diberangkatkan ke Kabupaten Nunukan menggunakan kapal cepat.

Tahir mengungkapkan, 319 jamaah haji asal Kabupaten Nunukan tiba pada dua lokasi yakni Pelabuhan Liem Hie Djung sebanyak 173 orang dan Pelabuhan Sei Nyamuk Pulau Sebatik sebanyak 146 orang.

Jumlah jamaah calon haji pada pemberangkatan 2019 sebanyak 321 orang. Tetapi satu orang meninggal dunia di tanah suci Mekah dan satu lagi meninggal di rumahnya di Pulau Sebatik setelah dipulangkan  terlebih dahulu karena sakit.

Baca Juga:  Anak Penjual Amplang Wakili Kaltara OSN di Manado Sulut
Jamaah Haji Tiba
Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid menyalami jamaah haji Nunukan yang baru tiba dari Tanah Suci Mekah di Pelabuhan Liem Hie Djung, Selasa (17/9)

Kedatangan jamaah haji ini disambut Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid. Pada kesempatan itu, dia mengucapkan selamat datang berkumpul bersama keluarganga.

“Selamat berkumpul bersama keluarga. Semoga menjadi haji mabrur,” ucap Laura sapaan Bupati Nunukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here