Bantuan Dana Bagi Poltek Negeri Nunukan
Direktur Perguruan Tinggi Vokasi dan Profesi Ditjen PT Vokasi Kemendikbud, Dr Bany Bandanadjaya, ST, MT saat peresmian Poltek Negeri Nunukan, Kamis (28/1)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyediakan dana bantuan bagi perguruan tinggi vokasi seperti Politeknik Negeri Nunukan, Kaltara yang akan disalurkan melalui daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) setiap tahun.

Pengusulan anggaran untuk pembangunan pendidikan di Poltek Negeri Nunukan disampaikan Direktur Perguruan Tinggi Vokasi dan Profesi Ditjen Perguruan Tinggi Vokasi Kemendikbud, Beny Bandanadjaya usai peresmian Politeknik Negeri Nunukan di Nunukan, Kamis, 28 Januari 2021.

Ia mengaku telah menyiapkan anggaran untuk bantuan kepada perguruan tinggi vokasi di Kabupaten Nunukan ini terlebih dahulu diusulkan kepada Bappenas. Beny mengatakan, meskipun Poltek Negeri Nunukan ini masih baru tetapi Pemerintah melalui Kemendikbud akan mengusahakan porsi anggaran untuk kelengkapan sarana prasarananya.

Baca Juga:  Desa Srinanti, Seimenggaris wakili Nunukan lomba desa tingkat regional Kalimantan-Sulawesi

Menurut dia, Poltek Negeri Nunukan ini telah memiliki sumber daya pengajar yang sudah cukup mumpuni sehingga penunjang pendidikan vokasi perlu dipersiapkan dengan matang agar mendapatkan bantuan dana melalui APBN.

Beny mengutarakan tujuan awal pendirian perguruan tinggi vikasi yang berstatus negeri di Kabupaten Nunukan dalam rangka menciptakan SDM yang berkualitas di wilayah perbatasan dengan harapan bisa langsung terserap pada lapangan kerja, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Mungkin selama ini sebelum ada perguruan tinggi di Nunukan ini pekerja-pekerja hanya lulusan SMA/sederajat sehingga keberadaan Politeknik Negeri Nunukan ini dapat meningkatkan penghargaan dari pekerja Nunukan ini,” ungkap Beny.

Baca Juga:  Sungai meluap hingga 8 meter, ratusan rumah terendam di wilayah Krayan

Oleh karena itu, dia mengharapkan jurusan di Politeknik Negeri Nunukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah di perbatasan ini. Empat jurusan yang ada sekarang ini masih diploma III sehingga ke depannya akan didorong menjadi diploma IV atau setara strata satu (S1).

Mengenai peluang menambah jurusan di Poltek Negeri Nunukan, Direktur PT Vokasi dan Profesi ini menilai sementara cukup empat jurusan saja. Lebih penting, keempat jurusan ini ditingkatkan dulu menjadi Diploma IV. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here