Kian Gencar, BINDA Kaltara vaksinasi masyarakat perbatasan di Nunukan

BINDA Kaltara Vaksinasi Masyarakat Perbatasan di Nunukan
FOTO: BINDA Kaltara

Nunukan (BERANDATIMUR) — Badan Intelijen Negara (BIN) Kalimantan Utara (Kaltara) kian gencar melakukan vaksinasi dengan sasaran kali ini, masyarakat di wilayah perbatasan negara di Kabupaten Nunukan.

Hal ini dilakukan atas arahan Presiden RI Joko Widodo agar mencapai target vaksinasi hingga akhir tahun 2021.

Bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Kaltara dan Nunukan, BINDA Kaltara memusatkan  vaksinasi di GOR Dwikora Sei Sembilan Kelurahan Selisun pada Rabu, 24 Nopember 2021.

Koordinator Lapangan Vaksinasi COVID-19 BINDA Kaltara Roy Anung mengatakan pelaksanaan vaksinasi tersebut menyasar masyarakat umum dengan menyediakan 279 dosis pertama dan kedua jenis Sinovac.

Baca Juga:  Kedaulatan NKRI Kembali Diusik Oleh Malaysia, Petugas Maritim Tawau Mengejar Perahu Bermuatan Sembako Hingga Pulau Sebatik

“Untuk hari ini kita sasar masyarakat umum dengan jumlah 279 dosis. Kita menggunakan jenis vaksin Sinovac untuk dosis pertama dan kedua,” jelas Roy.

”Kegiatan kali ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI untuk akselerasi vaksinasi khususnya di wilayah perbatasan. Selain itu, kita juga antisipasi masuknya varian baru delta plus melalui Kabupaten Nunukan.” tambahnya.

Ditemui terpisah, Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Provinsi Kaltara, Agust Suwandy menjelaskan Virus Corona varian Delta ini merupakan mutasi dari virus Covid-19 yang telah mewabah sejak tahun lalu. Kendati begitu, tak hanya di perbatasan yang menjadi pusat tersebarnya varian tersebut, akan tetapi semua daerah di Kaltara harus diantisipasi.

Baca Juga:  3 kg sabu-sabu kiriman dari Nunukan, ditangkap di Pinrang, Sulsel

“Sebenarnya sama saja, disemua wilayah itu sudah harus herd immunity, jadi kita tidak mengkhususkan perbatasan saja yang dibentengi, dimanapun contoh varian baru itu bisa masuk, kita tidak tahu melalui yang bermobilitas di daerah tersebut, jadi disetiap daerah kita antisipasi dan sesegera mungkin mencapai herd immunity,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia mengatakan pada akhir tahun cakupan vaksinasi di Kaltara merata disetiap Kabupaten/Kota, sehingga hal itu dapat mencapai target vaksinasi di Bumi Banuanta.

“Kita berharap diakhir tahun 2021 semuanya sudah herd immunity, perhari ini capaian di Kaltara sudah mencapai 67,3 persen, secara umum kurang tidak sampai 3 persen sudah melampaui herd immunity, namun itu tadi kita harapkan cakupannya merata disetiap daerah, termasuk pula untuk kategori sasaran,” pungkasnya. (*)

Baca Juga:  Pesan Laura-Hanafiah: Hindari Polarisasi, Hilangkan Perbedaan, Jaga Persaudaraan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here