Kodim 0911 Nunukan Peduli: Dari Cegah DBD, Berantas Narkoba, Sholat Subuh Berjamaah Hingga Doakan Orang Sakit

NUNUKAN (berandatimur.com) – Kodim 0911 Nunukan Kalimantan Utara punya program khusus yaitu “Peduli” yang dikemas dalam berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kegiatan peduli ini merupakan upaya TNI AD memaksimalkan dan mengefektifkan skema teritorial di wilayah kerjanya terutama menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilu presiden-wakil presiden dan legislatif.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0911 Nunukan dan jajarannya yakni:

– Cegah Penyakit DBD di Nunukan Tengah

Keterlibatan jajaran Kodim 0911 Nunukan dalam “fogging” atau pengasapan rumah-rumah warga di Kelurahan Nunukan Tengah mencegah merebaknya penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk aides ini.

Hal ini dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Nunukan Tengah, Serda Istiyanto bekerja sama dengan aparat kepolisian dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan pada Rabu (6/3).

Babinsa Nunukan Tengah, Serda Istiyanto terlibat “fogging” rumah warga di wilayah kerjanya

Kemudian babinsa ini ikut pula mengsosialisasikan bahaya penyakit DBD dan pentingnya dilakukan pencegahan melalui “fogging” dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Pencegahan lebih penting dilakukan mengingat penyakit DBD di Kabupaten Nunukan telah masuk kategori kejadian luar biasa (KLB).

Serda Istiyanto berujar, babinsa sebagai ujung tombak bagi TNI AD khususnya Kodim 0911 Nunukan tentunya tidak menginginkan warganya terserang penyakit mematikan tersebut.

Baca Juga:  Siapa Pemilik Speedboat Misterius Penabrak Perahu "Walet 03" di Sebatik

Oleh karena itu, dia berinisiatif dengan berkoodinasi dengan instansi terkait untuk dilakukan “fogging” atau pengasapan di wilayah kerjanya.

“Kegiatan mengantisipasi dan mencegah itu sangat penting, mengingat banyaknya pasien penyakit DBD di RSUD Nunukan saat ini,” ujar Istiyanto.

Selanjutnya, kata dia, akan mengunjungi rumah-rumah warga agar memelihara kebersihan lingkungan agar tetap sehat dan nyaman agar nyamuk tidak bersarang.

Warga pun menyambut gembira keterlibatan TNI AD (babinsa) dalam mencegah dan memberantas penyakit DBD ini seperti yang diutarakan Rosmini di RT 20 Kelurahan Nunukan Tengah.

“Terima kasih pak, sempat takut kalau anak saya terjangkit penyakit DBD. Untungnya ada pak babinsa yang tanggap duluan sebelum warga mengeluhkan penyakit ini,” ujar Rosmini kepada Babinsa.

– Membentuk Organisasi Pemberantasan Narkoba di Lumbis

Jajaran TNI AD dari Kodim 0911 Nunukan senantiasa memperkuat komitmen memberantas peredaran narkoba di wilayah kerja Koramil 0911-05 Kecamatan Lumbis.

Komandan Koramil 0911-05 Kecamatan Lumbis, Mayor Inf Susena, Rabu (7/3) menekankan, narkoba telah menjadi musuh bersama sehingga harus diberantas sejak dini dengan melibatkan masyarakat.

“Narkoba Musuh Kita Semua, Perangi Itu Dari Sekarang,” ujar Susena ketika membentuk forum Aliansi Masyarakat Anti Narkoba (AMAN) di wilayah kerjanya.

Baca Juga:  Pengungkapan Peredaran 2,5 Kg Sabu-sabu di Nunukan. Tujuh Kurir Tertangkap, Tiga Dilaporkan DPO

Danramil Lumbis ini mengingatkan bahwa narkoba sangat berbahaya dalam kehidupan masyarakat apabila dikonsumsi khususnya generasi muda.

Pembentukan aliansi ini dinilai dapat mengefektifkan dan sangat relevan untuk mengurangi/membatasi ruang gerak para pengedar dan pengguna narkoba di Kecamatan Lumbis.

Langkah lain atas bantuan dari AMAN ini semakin menggencarkan imbauan pemberantasan narkoba di kalangan masyarakat setempat.

Susena menilai upaya-upaya yang dilakukannya sangat tepat dan strategis dikaitkan dengan letak geografis Kecamatan Lumbis yang sangat riskan untuk lalu lalangnya barang haram tersebut.

“Kepedulian kita terhadap keluarga, sesama dan lingkungan merupakan modal utama dan efektif. Mari menyadarkan anggota keluarga masing-masing”, tegas Susena.

– Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Demi mempermantap sistim teritorial maka Kodim 0911 Nunukan menggiatkan sholat subuh secara berjamaah di masjid-masjid.

Sholat subuh ini digelar sekali dalam sebulan pada masjid yang berbeda-beda sambil memberikan kuorum kepada jamaah.

Dandim 0911 Nunukan Letkol Czi Abdillah Arif sholat subuh berjamaah dengan masyarakat di Masjid Al Fajar Sei Bilal Kelurahan Nunukan Barat, Jumat (8/3)

Komandan Kodim 0911 Nunukan, Letkol Czi Abdillah Arif, Jumat (8/3) menyatakan, pentingnya lebih mendekatkan TNI AD kepada masyarakat.

Salah satunya dengan mengajak sholat berjamaah di masjid sebagaimana yang dilakukan di Masjid Al Fajar Sei Bilal Kelurahan Nunukan Barat tersebut.

Baca Juga:  Pemilik Lahan Beberkan Koordinat Pelabuhan Seimenggaris tak Sesuai Arahan Pusat

Ia berterusterang, ajakan sholat subuh berjamaah ini tidak terlepas dari langkah Kodim 0911 Nunukan memaksimalkan upaya teritorial dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Selain itu, TNI AD turut serta bertanggungjawab dalam memupuk ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT bagi masyarakat di wilayah kerjanya.

– Mendoakan Orang Sakit

Tak lupa pula, Kodim 0911 Nunukan dikomandoi Letkol Czi Abdillah Arif mengunjungi RSUD setempat untuk ajang sana sekaligus mendoakan pasien yang sedang dirawat.

Dandim 0911 Nunukan Letkol Czi Abdillah Arif mendoakan seorang pasien di RSUD Nunukan, Jumat (8/3).

Melibatkan tokoh agama Nasrani dan Islam, Abdillah Arif mengunjungi salah satu ruangan perawatan sambil mendoakan kesembuhan pasien tersebut.

Bahkan, Dandim 0911 Nunukan ini memberikan bingkisan kepada salah seorang keluarga pasien di RSUD Nunukan tersebut. (***)

Editor : M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here