Kodim 0911 Nunukan
Dandim 0911 Nunukan Letkol CZi Eko Pur Indriyanto saat silaturrahmi dengan insan pers di Makodim Nunukan, Senin (23/9). Pada kesempatan itu diungkapkan kebutuhan lahan untuk menjaga ketahanan pangan di wilayan teritorialnya.

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Menindaklanjuti arahan Korem 091 ASN agar mendorong terciptanya ketahanan pangan di daerah maka Kodim 0911 Nunukan Kalimantan Utara membutuh lahan seluas 100 hektar are.

Kebutuhan lahan tersebut telah disampaikan secara lisan kepada Pemkab Nunukan dalam rangka mewujudkan program pemerintah pusat menjadikan Kabupaten Nunukan sebagai penyangga ekonomi baru di wilayah perbatasan negara.

Hal ini juga berkaitan dengan rencana pemerintah memindahkan ibukota negara ke Kalimantan Timur dimana Kabupaten Nunukan yang berada di tapal batas negara menjadi perhatian.

Menyikapi arahan Korem 091 ASN ini, Komandan Kodim 0911 Nunukan Letkol CZi Eko Pur Indriyanto di Nunukan menegaskan, kebutuhan lahan seluas 100 Ha ini untuk dikelola berupa penanaman berbagai jenis tanaman pangan.

Baca Juga:  Dua Lokasi Kebakaran Lahan Terjadi di Nunukan Malam Hari

Ia menambahkan, lahan ini nantinya akan diolah sedemikian rupa hingga dapat ditanami. Rencana ini juga tidak terlepas dari komitmen TNI AD dalam mendorong peningkatan perekonomian daerah di Kabupaten Nunukan.

Eko membeberkan, perihal kebutuhan lahan tersebut telah disampaikan langsung kepada Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid. Hanya saja, belum mendapatkan jawaban sehingga belum dapat melaksanakan program yang dimaksudkan itu.

Dandim baru Nunukan ini menginginkan Pemkab Nunukan dapat merealisasikan program kerja Kodim Nunukan terkait peningkatan ketahanan pangan di daerah wilayah teritorialnya.

Menurut dia, Kodim 0911 Nunukan senantiasa siap siaga dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan ketersediaan pangan daerah melalui pembukaan lahan baru tersebut.

Baca Juga:  Apa Kabar Pengusutan Dugaan Korupsi Proyek Mangrove di Nunukan? Jaksa Bilang Pulbaket

Oleh karena itu, Dandim Nunukan ini berkeinginan mewujudkan program tersebut maka membutuhkan lahan kosong yang belum terolah untuh dijadikan kawasan pertanian dan perkebunan.

“Maunya kebutuhan lahan sekira 100 hektar itu bisa disediakan Pemkab Nunukan demi mewujudkan ketahanan pangan masyarakat Nunukan sendiri,” kata Eko pada saat Kopi Bareng dengan awak media di Makodim 0911 Nunukan, Senin, 23 September 2019.

Eko juga mengharapkan bantuan Pemkab Nunukan agar memfasilitasi secepatnya pengadaan lahan 100 hektar itu.

Berdasarkan petunjuk Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman kepada Korem 091 ASN beberapa waktu lalu berkaitan dengan rencana pemindahan ibukota negara nantinya.

Baca Juga:  Dandim Nunukan Instruksikan Prajurit Harus Sadar Kebersihan Lingkungan

Kabupaten Nunukan memang telah ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk dijadikan daerah penyangga ekonomi nasional. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here