Kondisi cuaca di Selat Makassar ekstrim, pelayaran dari Nunukan ke Sulsel bisa ditunda

KOndisi Cuaca di Selat Makassar Masih memburuk
Kepala KSOP NUnukan Faizal Rahman

Nunukan (BERANDATIMUR) – Kondisi cuaca yang ekstrem saat ini terutama jalur pelayaran Selat Makassar menjadi perhatian serius, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Nunukan, Kaltara.

Sehubungan dengan adanya kapal penumpang yang akan berangkat pada Rabu, 8 Desember 2021 ini tujuan Parepare, Sulsel maka bisa saja membatalkan keberangkatannya apabila mendapatkan data cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat.

Sebagaimana kita ketahui, KM Thalia akan berangkat dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan tujuan Pelabuhan Nusantara Parepare setiap hari Rabu dengan mengarungi Selat Makassar yang dikenal ganas.

Baca Juga:  Waspadai Hujan Deras Dan Gelombang Laut Tiba-tiba Naik. Ini Daftar Wilayah Diguyur Hujan Disertai Petir di Kaltara

Namun Kepala KSOP Nunukan, Faizal Rahman saat ditemui di Hotel Fortune pada Rabu, 8 Desember 2021 saat diminati tanggapannya tingginya gelombang laut di Selat Makassar dengan tegas menyatakan bisa saja membatalkan pemberangkatan kapal jika ada data cuaca dari BMKG Nunukan.

“Kami belum bisa memastikan apakah bisa memberikan izin pelayaran karena memang gelombang laut saat ini di Selat Makassar cukup tinggi. Tapi data ril cuaca terbaru dari BMKG belum ada diterima KSOP (Nunukan),” ujar dia

Faizal mengatakan, penundaan pemberangkatan kapal yang berlayar melalui Selat Makassar tersebut dapat dilakukan sepanjang BMKG menginstruksikan seperti itu dengan pertimbangan kondisi cuaca khususnya gelombang laut.

Baca Juga:  ABK Speedboat Paolai Dilaporkan Hilang, Belum Ditemukan

Sebelumnya BMKG Wilayah IV Makassar mengamati tinggi gelombang laut di Selat Makassar mencapai enam meter pada 5-7 Desember 2021 disertai hujan deras dan angin kencang.

Bahkan BMKG Makassar meminta agar kapal-kapal yang terlanjur berlayar diupayakan tidak langsung bersandar di dermaga pelabuhan guna mengantisipasi kejadian yang fatal. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here