KPU: Berkas Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dinyatakan lengkap

KPU: Berkas PKN Dinyatakan Lengkap
Logo PKN

Jakarta – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 2 Agustus 2022. KPU RI melalui Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Idham Holik menyatakan berkas partai ini dinyatakan lengkap dan segera diverifikasi administrasi.

Pendaftaran calon peserta pemilu 2024 dilaksanakan pada 1-14 Agustus 2022 dan verifikasi administrasi terhadap partai yang telah mendaftar akan dilaksanakan pada 2 Agustus 2022 sampai 11 September 2022.

Menurut Idham, sesuai dalam lampiran satu PKPU Nomor 4 tahun 2022 bahwa tahapan verifikasi administrasi dimulai 2 Agustus 2022 dan berakhir pada 11 September 2022. Pada 14 September 2022 akan disampaikan hasilnya terhadap parpol bersangkutan.

Baca Juga:  PDIP Segera Kerahkan Kader Menangkan Amanah dan ZIYAP di Nunukan
KPU: Berkas Partai Kebangkitan Nusantara Dinyatakan Lengkap
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU RI Idham Kholik. FOTO: Doc

PKN sendiri yang mendaftar pada hari kedua, Idham mengungkapkan dinyatakan lolos namun verifikasi administrasi akan dilaksanakan pada 3 Agustus 2022. Sedangkan sembilan partai yang mendaftar pada hari pertama atau 1 Agustus 2022, Idham menyebutkan baru enam partai yang dinyatakan lengkap.

Keenam partai yang lolos tersebut adalah PDI Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai NasDem, serta Partai Bulan Bintang (PBB). Ditambah Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) yang mendaftar pada hari kedua.

“PKN dinyatakan lengkap dokumennya dan dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi yang akan kami mulai esok pagi,” ujar Idham.

Kemudian terdapat tiga partai politik yang mendaftar pada hari pertama dinyatakan belum lengkap berkasnya diberikan tenggat waktu untuk melengkapinya sebelum pendaftaran ditutup pada 14 Agustus 2022.

Baca Juga:  ACT kelola dana sumbangan sampai Rp1 triliun, PPTAK: Perusahaan pendirinya kelola dulu sebelum disalurkan

Ketiga partai yang belum lengkap adalah Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Reformasi, dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai). Idham menegaskan parpol pendaftar harus melengkapi berkas sesuai tahapan pemilu yang diatur di peraturan KPU (PKPU).

“Kami mendapat info bahwa partai tersebut akan melengkapi dokumennya, dan kami sampaikan tanggal 14 Agustus 2022 jam 23.59 WIB batas akhir masa pendaftaran dan kami sampaikan sebaiknya sebelum rentang waktu tersebut,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU RI ini, pada Selasa 2 Agustus 2022.

Idham melanjutkan, sesuai ketentuan dalan PKPU Nomor 4 tahun 2022, hanya parpol yang lengkap dokumennya yang berhak lanjut pada tahap berimkutnya yakni verifikasi administrasi.

Baca Juga:  Soal Omnibus Law, PWI Tolak Kemerdekaan Pers Dihalangi, Mengusulkan Wartawan Wajib UKW dan Perusahaan Berbadan Hukum

“Ya, pendaftaran ditutup, karena dalam peraturan perundangan-undangan maupun PKPU yang diterbitkan, yang namanya pendaftaran parpol itu harus lengkap. Dokumennya harus lengkap, baru kami bisa lanjutkan ke tahap selanjutnya, verifikasi administrasi,” jelas Idham. (*)

Sumber: detik.com
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here