Kreatif, pria asal Nebe pakai mikrolet jajankan sayuran 

Pria Ini Kreatif Memanfaatkan Mobil Mikrolet Menjajankan Sayur Mayur ke Desa-Desa
Pria asal Nege bias adipanggil Om Semut saat menjual sayur mayur menggunakan mobil angkutan desa di Maumere, Kamis (4/8). FOTO: Yakobis Elton Nggiri/BERANDATIMUR.COM

Maumere (BERANDATIMUR) – Pria asal Nebe Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, NTT bernama Yosefus Mase menjajankan sayur mayurnya menggunakan mobil mikrolet. Sebelumnya, mobil tersebut sehari-harinya digunakan sebagai angkutan warga antar desa.

Selain sayur mayur, Yosefus juga menjual berbagai jenis bumbu masak seperti bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas, tomat dan lain-lainnya.

Ketika di temui awak media ini saat menjajankan jualannya pada Kamis, 4 Agustus 2022, pria yang kerap dipanggil Om Semut menuturkan mulai menjual sayur mayur dan rempah-rempah menggunakan mobil angkutan semenjak pandemi COVID19.

Waktu itu, lanjut dia, banyak mobil angkutan pedesaan yang parkir karena ketiadaan penumpang. Namun, Yosefus berubah pikiran memanfaatkan mobil miliknya untuk menjual sayur mayur.

Baca Juga:  Kasus DBD di Kecamatan Ile Ape, Lembata terus meningkat

“Waktu pandemi COVID-19 banyak armada angkutan pedesaan di Kabupaten Sikka terpaksa harus memarkir kendaraan karena susah mendapat penumpang. Saya juga sempat memarkir mobil saya ini. Tetapi tiba-tiba timbul hal kreatif baru yang muncul dalam benak saya untuk mencoba sesuatu yang baru yaitu seperti saat ini mengubah mobil pedesaan jadi mobil jualan sayur,” ungkapnya.

Menurut Om Semut, semenjak menjual sayur mayur menggunakan mobil membuat omset yang didapat lumayan besar setiap hari dibandingkan mencari penumpang kala itu.

“Kalau untuk pendapatan per harinya jelas berbeda dari sebelumnya. Dulu waktu masih jadi sopir angkutan pedesaan per hari hitung bersih paling dapat cuman 300.000, sekarang yah puji Tuhan bisa dapat sampe 800 hingga 1 juta per harinya,” ujar pemilik mobil Servo tersebut.

Baca Juga:  Siswa SMAK Frateran Podor Juara I Lomba Pidato Daring se Flotim
Jajankan Jualan Sayuran Menggunakan Mobil Angkutan
Sayur mayur yang dijual pria asal nebe bernama Yosefus Mase menggunakan mobil angkutan, Kamis (4/8). FOTO: Yakobus Elton Nggiri/BERANDATIMUR.COM

Ia mengatakan sayur-sayuran dan rempah-rempah yang dijual itu dibeli di pasar Kota Maumere dan menjajankan hingga ke Larantuka Kabupaten Flores Timur.

“Untuk sayuran ini saya ambil di Pasar Alok dan saya mulai jualan dari kota sampe ke desa-desa bahkan kalau belum habis saya harus jualan sampe beberapa desa di kabupaten tetangga,” jelas Om Semut.

Menurut dia, dalam menjalani hidup ini tidak perlu gengsi untuk bekerja. Apapun jenis pekerjaan sepanjang halal dan tidak melanggar peraturan yang berlaku. “Yah kenapa malu untuk melakukannya,” tutur pria ini.

Baca Juga:  Usai Bunuh Dua Anak Kandungnya, Pelaku Sembunyi di Pohon

“Banyak teman-teman sesama pemilik armada atau kita biasa sebut mobil yang gengsi bahkan ketawa ketika melihat saya jualan sayur. Saya hanya senyum saja dan sedikitpun saya tidak malu karena yang saya kerjakan ini halal,” ujarnya seraya terseyum. (mg01)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here